Sikap Mental

Sikap adalah kebiasaan pikiran atau pola pikir. Jika ingin mengubah sikap, Anda harus mengubah pola pikir. Sikap Anda mendefinisikan diri Anda. Definisi diri Anda adalah satu fungsi dari pilihan spesifik yang Anda ambil. Anda berada di posisi saat ini dan menjadi orang dengan karakter seperti saat ini karena pikiran yang mendominasi di benak Anda. Jadi kesimpulannya adalah kita adalah seperti yang kita pikirkan - bukan seperti penampilan luar kita.

Sikap Anda memengaruhi pandangan Anda:

1. Sikap Anda mempengaruhi kepercayaan terhadap potensi yang Anda miliki.

Bila memandang negatif pada diri sendiri, Anda tidak akan menemukan potensi terbesar yang Anda miliki. Hanya melalui pandangan positiflah Anda akan melihat kemampuan terbesar yang Anda miliki.

2. Sikap Anda menentukan cara Anda memandang tantangan.

Bila bersikap negatif, Anda akan merasa takut menghadapi tantangan, dan mundur sebelum bertempur.

3. Sikap Anda menentukan kepercayaan diri Anda.

Pandangan negatif pada diri sendiri membuat Anda merasa kurang percaya diri. Bila senantiasa memandang sudut positif dari diri sendiri, pasti menemukan kemampuan dan potensi yang terbaik diri Anda, dan inilah yang akan membangkitkan rasa percaya pada diri sendiri.

4. Sikap Anda memengaruhi cara Anda melihat kesempatan.

Bila bersikap negatif, kesempatan-kesempatan yang melintas di hadapan Anda akan Anda pandang secara ragu-ragu. Anda akan merasa pesimis melihat berbagai kesempatan itu dan tentu tidak akan berani menangkap kesempatan itu untuk direalisasikan.

Untuk meraih keberhasilan dalam hidup kita harus memiliki sikap yang positif. Sikap negatif dapat diubah, dengan terlebih dahulu Anda harus memilih untuk berubah. Kemauan yang kuat dan tekad yang dapat mengubah sikap Anda.

Untuk mengubah sikap, kita harus mau melihat ke dalam, menilai diri sendiri secara positif, jangan terus menerus memandang kelemahan dan kekurangan, tetapi temukan kekuatan dan kelebihan diri sendiri.

Jika Anda bisa mengubah cara pandang terhadap diri sendiri, dan memandang pada kemampuan terbesar yang Anda miliki, tentu Anda akan bisa memandang segala hal juga dengan cara pandangan yang positif. Dengan cara pandang terhadap diri sendiri yang mengarah pada hal-hal yang positif, Anda akan mempu mengubah sikap Anda menjadi sikap positif.
 
 
Salam Bahagia dan Sejahtera!
 
Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses.
Penulis buku " Untuk Apa Hidup Susah "
Email : Soe_hartono@hotmail.com
HP: 0813-64808061 or 0857-65364838
Blog: www.soegiantohartono.blogspot.com

No comments:

Post a Comment