Menggemukkan Pundi-Pundi Kekayaan

"The future may be made up of many factors, but where it truly lies is in the hearts and minds of men. - Masa depan dipengaruhi oleh banyak faktor, tetapi faktor yang paling berpengaruh sebenarnya terletak pada hati dan pikiran kita." (Li Ka-shing)

Menjadi orang kaya atau milarder merupakan impian sebagian besar manusia di bumi ini. Semua orang memiliki kesempatan untuk memiliki pundi-pundi harta yang tambun dengan cara yang positif, apapun latar belakang dan kondisinya. Bahkan di berbagai belahan dunia, cukup banyak miliarder kaya raya bermunculan yang berasal dari keluarga sangat miskin.

Salah satu contohnya, Zhang Xin. Dulu ia hanyalah seorang buruh, tetapi sekarang dia adalah ratu properti kaya raya di China. Kesuksesan dirinya menjadi pengusaha kaya raya, dikarenakan visi, kerja keras, kecerdasan, tekad kuat, dan sedikit keberuntungan. Inilah beberapa kiat penting lainnya untuk menggemukkan pundi kekayaan dengan mudah dan terbukti efektif membantu para miliarder kelas dunia itu membangun kekayaan.

Salah satu cara untuk menggemukkan pundi kekayaan adalah bekerja keras. Miliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk bekerja, meningkatkan produktivitas. Gunakan setiap rasa sakit, tekanan atau penderitaan sebagai kekuatan untuk menciptakan kemajuan terus menerus.

Li Ka-shing, adalah seorang konglomerat sukses asal Hong Kong dan juga terkaya di Asia Timur, dengan total kekayaan USD 21,3 miliar (Forbes 2010). Dulu ia hanya seorang pegawai rendah di sebuah perusahaan. Berkat kerja kerasnya yaitu minimal 16 jam per hari, Li mampu mengumpulkan uang untuk mendirikan perusahaan Cheung Kong Group dan kini telah menjelma menjadi perusahaan raksasa yang bergerak di bidang telekomunikasi, media, bioteknologi, dan masih banyak lagi.

Selain itu disipilin dalam pemanfaatan waktu merupakan syarat penting untuk menggemukkan pundi kekayaan. Artinya dalam bekerja kita harus menetapkan batas waktu pencapaian, menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Dengan konsisten menggunakan standar kerja seperti itu akan membantu Anda memperoleh hasil maksimal dalam kurun masa yang telah Anda tetapkan.

Selain itu, bersikaplah mandiri atau tidak menggantungkan bantuan dari orang lain. Keberhasilan menggemukkan pundi kekayaan sepenuhnya berada di tangan Anda, bukan dari bantuan pemerintah maupun berkolusi dengan penguasa. Li Ka-shing, konglomerat asal China itu mengembangkan bisnis dari modal uang yang ia kumpulkan sedikit demi sedikit. Keberhasilannya menjadi miliarder salah satunya dikarenakan kemandirian, yang ia padukan dengan keberanian, kesabaran dan ketekunan berusaha.

Menggemukkan pundi-pundi kekayaan juga diperlukan kemampuan manajemen yang baik. Li tidak memiliki bekal pendidikan tinggi untuk mengelola usahanya dengan baik, tetapi ia senang belajar dari pengalaman dan mempelajari pola orang-orang yang kaya dan terkenal ketika berusaha mencetak keuntungan, mengatasi tantangan dan menghadapi tekanan. Pria kelahiran 13 Juni 1928 itu selalu berhati-hati dalam memutuskan segala hal, tetapi jika sudah membuat keputusan maka ia akan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

"Orang lain menjuluki saya ‘superman' (lelaki super). Setelah melewati banyak tantangan dan ujian, sayamulai memahamikiat-kiat berbisnis. (Keberhasilan) saya (karena) berusahamemanajemen dengan baik saja!" ucap pria yang menyandang delapan gelar Honorary Doctorate, termasuk University of Cambridge dan Peking University dalam sebuah kesempatan.

Jika pundi-pundi kekayaan sudah gemuk, bukan berarti kita boleh berhenti bekerja. Jika masih mampu bekerja, teruslah bekerja dan menghasilkan uang agar ketahanan keuangan semakin kuat. Berusahalah lebih aktif dan kreatif untuk meningkatkan sumber penghasilan.

Daya kreativitas dan semangat kerja dapat meningkat jika kita juga aktif mengembangkan kemampuan personal maupun profesional, sehingga selalu dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan perkembangan keadaan. Sisihkan beberapa saat setiap hari untuk membangun kemampuan internal menjadi lebih besar dari perkembangan yang ada di luar. Sebagaimana Li bersemboyan akan membangun 200 kekuatan terlebih dulu, walaupun hanya dibutuhkan 100 kekuatan untuk membangun sebuah bisnis baru.
 

Menggemukkan pundi kekayaan juga butuh kedisiplinan saat membelanjakan uang. Jika sudah berhasil menciptakan sumber penghasilan, janganlah terlalu gemar membeli barang-barang mewah, sebab hal itu akan menjebak Anda untuk terus membayar biaya-biaya lain-lain sepanjang hidup dan urung menggemukkan pundi kekayaan Anda. Berhati-hatilah dalam membelanjakan uang, dan sedapat mungkin selalu berusaha mengembangkan uang Anda.

Miliarder kelas dunia saja, seperti Li Ka-shing memiliki kekayaan lebih dari cukup untuk hidup bermewah-mewah. Namun dirinya lebih senang hidup sederhana, bahkan kabarnya ia selalu mengenakan pakaian, sepatu dan jam tangan murah. Selain Li, masih banyak lagi milarder yang memiliki harta berlimpah, tetapi mereka tetap berpikir bagaimana berhemat, misalnya Warren Buffet, Carlos Slim Helu (Meksiko dengan kekayaan USD 67,8 miliar), Ingvar Kamprad (Swedia), Chuck Feeney (Amerika), Frederik Meijer (Amerika, dengan kekayaan 5 miliar dolar AS).

Jika sudah berhasil dengan pola hidup sederhana, langkah selanjutnya adalah melindungi diri Anda dari penipuan. Sebab saat ini banyak sekali pelaku kriminal mulai dari berkedok asmara, pinjam uang, penipuan lewat sms, email, telepon, surat, dan lain sebagainya. Terlebih di dunia komputerisasi komunitas global, pemakaian internet sangat diperlukan untuk memperlancar arus komunikasi maupun bisnis. Sayangnya, kemajuan teknologi juga dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu.

Bermacam bentuk penipuan mereka lancarkan, sebab mereka mengincar harta benda yang sudah Anda kumpulkan. Oleh sebab itu bentengi diri dengan mengasah kepekaan dan naluri bisnis, belajar dari pengalaman orang lain, membaca informasi sebanyak mungkin atau berdiskusi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Sayapun pernah menjadi sasaran penipuan, tetapi beruntung saya lakukan cross-check terlebih dahulu sehingga terhindar dari penipuan.

Agar menjadi miliarder yang memiliki pundi-pundi kekayaan gemuk bukan berarti harus pelit. Entah bagaimana hukum alam ini mengatur sehingga orang-orang yang sering berderma justru mengalami peningkatan kekayaan signifikan. Li Ka-shing, Warren Buffet, Bill Gates, dan milarder lainnya ternyata senang mendermakan harta mereka dalam jumlah banyak.

Li Ka-shing adalah donatur besar di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan di Hong Kong dan China. Ia tidak segan mendanai proyek-proyek kamanusiaan di berbagai belahan dunia lainnya melalui yayasan miliknya. Menurut catatan, setidaknya ia telah menyumbang lebih dari USD 1 miliar (atau lebih dari 9,4 triliun rupiah) melalui yayasan tersebut. Tetapi anehnya pundi-pundi harta Li seakan tak pernah berkurang, bahkan semakin membesar berkali-kali lipat.

Contoh miliarder lain yang senang berderma adalah Warren Buffet. Tahun 2006, iamenyumbangkan 80% dari kekayaannya atau sebesar US$ 31 milyar untuk membantu sesama melalui yayasan kemanusiaan milik Bill & Melinda Gates Foundation. Kegiatannya tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari ketiga anaknya, yaitu Howard Graham Buffet, Peter Buffet, dan juga Susie Buffet. Yang menarik adalah meskipun 80% hartanya disumbangkan, beberapa tahun terakhir ini Warren Buffet kembali menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Cara terbaik lainnya untuk memperbesar pundi kekayaan adalah senantiasa bersyukur dan berdoa. Sebaliknya, tanpa rasa syukur dan doa tentu kita juga akan kesulitan menerima karunia Tuhan YME yang lebih besar lagi. Sebab rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya akan membuat jiwa dan hati lebih tentram, sehingga lebih tenang, fokus, dan semangat dalam bekerja.

Itulah beberapa hal penting untuk menggemukkan pundi-pundi kekayaan. Jangan risau dengan segala keterbatasan yang Anda miliki, sebab semua langkah yang perlu dilakukan hanya memerlukan tanggung jawab lebih besar dan ketekunan. Jika Anda jalankan dengan sungguh-sungguh (langkah-langkah di atas) dan yakin, maka Anda pasti berhasil menggemukkan pundi-pundi kekayaan, bahkan lebih dari yang Anda perkirakan.

*Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best-seller.Kunjungi websitenya di : www.andrewho-uol.com
 

No comments:

Post a Comment