Inspirasiku Dicuri



Tolong, tolong. Inspirasiku dicuri…. Luar biasa sekali. Ada orang yang melakukan sesuatu yang baru kurencanakan. Berarti ada orang yang mendengar rencanaku, dan karena dia punya banyak uang, karena dia punya banyak orang yang bisa membantu, dia melakukan persis seperti rencanaku.
Pasti Anda pernah mengalami kejadian ini. Halah, saya sok tahu ya? Tapi saya cukup yakin, karena Anda sering masuk situs-situs motivasi seperti andriewongso.com. Maka Anda adalah orang yang punya inspirasi dan suka mencari tambahan inspirasi di banyak tempat.
Tapi, suatu saat Anda sedang merencanakan untuk melakukan sesuatu. Entah itu berkaitan dengan bisnis Anda, atau berkaitan dengan pengembangan kepribadian. Atau bisa juga berkaitan dengan cara baru dalam beramal, dan Anda ingin bangga (paling tidak dalam diri sendiri) Anda lah orang pertama yang beramal dengan cara itu.
Kemudian, ketika rencana Anda belum sempat diwujudkan, Anda dikejutkan oleh berita di koran atau di situs-situs berita. Seseorang melakukan persis seperti yang Anda rencanakan. Persis!!!
Anda kemudian mencoba mengingat-ingat. Kepada siapa saja pernah Anda ceritakan rencana itu. Sebagian Anda ingat, tapi sebagian teman yang lain, Anda tidak ingat. Tetapi Anda sangat yakin, orang yang melakukan rencana Anda, pasti bukan orang yang Anda kenal. Sehingga tidak mungkin Anda pernah menceritakan rencana kepada dia. Jadi, dari siapa dia mencuri inspirasiku ya?
Inspirasi itu milik Anda? Ide itu milik Anda?
Saya punya mobil, dan mobil itu ada buku pemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Jadi mobil itu, milik saya. Saya sering terinspirasi untuk menulis, membuat atau melakukan sesuatu. Tetapi, seumur hidup saya yang belum panjang ini, saya tidak pernah tahu ada badan atau lembaga atau organisasi atau apapun yang menerbitkan buku pemilikan inspirasi (BPI). Jadi saya belum pernah menjadi pemilik inspirasi. Inspirasi yang manapun. Itu bukan milik saya.
Kalau ada orang yang mencuri mobil, kemudian si pemilik menunjukkan bukti berupa BPKB, maka jelas sudah ada yang mencuri. Tapi, karena tidak pernah ada BPI, setahu saya yang belum terlalu luas pengetahuannya ini, maka tidak ada yang jelas-jelas menjadi pencuri inspirasi.
Jadi mengapa sebuah inspirasi yang sedemikian rahasia bisa dilakukan oleh orang lain?
Anda tahu, bahwa inspirasi lahir dari proses berfikir kreatif. Dan kreatif itu adalah menyambung yang terpisah dan melepas yang tersambung. Halah, sulit amat sih formulanya? Tetapi proses kreatif itu adalah sebuah lingkaran tentang menyambung yang terpisah dan melepas yang tersambung, lalu menyambung kembali yang terpisah.
Begini, seseorang punya pembantu rumah tangga. Kemudian dia menonton R2D2 atau are-too dee-too, di film Star Wars. Kemudian lahirlah Advanced Step in Innovative Mobility (Asimo). Lahir dari tangan-tangan ahli riset dan pengembangan robotik Honda di bawah pimpinan Mr Masato Hirose, Senior Chief Engineer of the Wako Research Institute, Honda R&D Co, Ltd.
Coba Anda ingat-ingat, ada berapa banyak orang yang memiliki pembantu rumah tangga dan menonton Star Wars? Sepuluh orang? Seribu? Sejuta? Jadi seberapa sulit timbulnya inspirasi membuat robot seperti Asimo? Itulah menyambung yang terpisah.
Anda pernah lihat foto-foto teman Anda. Sekeluarga, sendiri-sendiri semua anggota keluarga. Di pasang di dinding. Di seluruh penjuru rumah. Lalu kemudian muncul foto-foto seperti itu di cangkir, di piringan jam meja, di keramik yang tertempel di dinding. Hei, foto-foto itu mestinya dipigura atau dalam album, mengapa bisa foto dan album bisa terpisah? Kalau gitu dia pesan banyak untuk dapatkan foto-fotonya di cangkir?
Tidak juga. Selama ini selalu ada anggapan bahwa setiap foto yang dicetakkan langsung di badan gelas haruslah tersambung dengan konsep dicetak banyak-banyak. Sekarang tidak lagi. Kedua hal itu sudah dipisahkan.
Jadi inspirasi tidak bisa dicuri? Padahal aku sudah susah-susah mencarinya....
Bentar dulu. Benarkah Anda mencarinya? Berarti inspirasi ada di suatu tempat di luar Anda, jauh dari Anda, tidak melekat dengan Anda. Begitukan kalau sesuatu itu harus kita cari?
Tidak. Anda tidak mencarinya. Anda hanya perlu membuka “pintu otak” Anda. Apapun yang Anda lihat dan dengar. Apapun yang Anda kecap dan sentuh. Semua itu ada di sekitar Anda. Semua itu disediakan oleh setiap hal di lingkungan Anda.
 
Kemudian neo cortex Anda akan mengolahnya. Menyambung yang terpisah dan melepas yang tersambung. Maka kemudian menjadi ide, menjadi inspirasi. Setelah itu, inspirasi tetap harus dilaksanakan. Tidak bisa diam sebagai inspirasi kemudian kita buatkan buku pemilikan inspirasi.
Benar ada Hak Atas Kekayaan Intelektual atau intelectual property right. Tetapi itu baru dapat dibuatkan bila ide atau inspirasi sudah disusun dan dilaksanakan sebagai sebuah sistem, atau dibuat menjadi sebuah produk seperti ASIMO. Sebelum itu, Anda belum bisa menjadi pemilik inspirasi.
Jadi sekarang Anda merasa memiliki inspirasi. Segera buatkan copyrightnya. Sayangnya, sebelum itu terjadi maka inspirasi itu harus diubah menjadi sistem atau produk. Sayangnya, Anda masih harus melakukan sesuatu yang mungkin tidak mudah.
Bahkan sesuatu yang harus Anda lakukan itu mungkin cukup sulit. Anda butuh waktu, tenaga bahkan uang untuk mewujudkan inspirasi Anda. Jadi, seperti Peter the Great, atau Pyotr Alexeyevich Romanov, sang pendiri kota St Petersburg atau Petrograd bilang ”Delay is Death”.
Tundalah, dan selamanya Anda merasa ada orang yang mencuri inspirasi Anda!!!

Bukakacamatakuda.blogspot.com – Medan – Januari 2009

No comments:

Post a Comment