Hadirkan Keagungan Tuhan Dalam Kerja



"Manusia harus tahu bahwa di atas panggung kehidupannya sendiri, hanya Tuhan dan para malaikatlah yang menjadi pengamat."
~ Francis Bacon ~

Orang yang mencapai sukses baik dalam karier dan bisnis sangat banyak dan mudah kita temukan dalam lingkungan kita. Tetapi apakah mereka yang nampak luar berhasil mencapai sukses dalam kerja dan bisnis sesungguhnya meraih kebahagiaan dan kemuliaan hidup ? Belum tentu, tidak semuanya demikian. Banyak orang yang secara profesional meraih sukses luar biasa, nampak luar memiliki semua atribut kesuksesan, namun akhirnya hidupnya hampa dan "unhappy ending". Bahkan ada yang harus berakhir di penjara selama sisa umurnya atau akhirnya ada yang bunuh diri.
Mengejar keberhasilan dengan ukuran materialisme semata tidaklah cukup, masih diperlukan adanya keberkahan. Apakah keberhasilan yang dicapai itu memberikan keberkahan hidup atau tidak. Karenanya kalau ingin meraih keberhasilan yang memberikan keberkahan, maka hadirkanlah keagungan Tuhan dalam setiap aktivitas kerja dan bisnis kita. Karena ketika seseorang menghadirkan Tuhan dalam setiap aktivitas kerja dan kehidupan bisnisnya, artinya ia menundukkan dirinya dan mendekatkan dirinya hanya kepada Allah Tuhan YME.
Menghadirkan Tuhan dapat melahirkan motivasi yang dilandasi oleh nilai-nilai keluhuran dan kemuliaan dari dalam hati. Melahirkan energi batiniah, melahirkan semangat mulia dalam bekerja, berbisnis dan berkarya. Pada akhirnya akan mengalirkan semangat keunggulan dan kemuliaan dalam diri kita. Melahirkan optimisme yang tinggi dalam menghadapi setiap tantangan, hambatan dan kesulitan dalam kegiatan karier dan bisnis setiap hari. Karena kita meyakini bahwa Tuhan selalu hadir dalam ruang kerja kita dan akan menjadi penolong terbaik kita.
Hadirkanlah Keagungan Tuhan dalam setiap aktivitas kerja dan bisnis kita. Karena ketika kita meyakini Tuhan selalu hadir dalam ruang kerja kita, meyakini bahwa Tuhan dan malaikat sebagai pengamat kita, ini akan menjadi semacam pengawasan yang melekat dalam setiap aktivitas kehidupan pribadi kita sehari-hari. Termasuk dalam kehidupan karier dan bisnis. Implikasinya adalah setiap pemikiran kita, setiap tindakan yang kita lakukan maupun setiap keputusan bisnis yang kita ambil, akan selalu dilandasi suara hati nurani terdalam. Suara hati sesungguhnya adalah percikan sifat-sifat kemuliaan Tuhan. Dengan demikian setiap tindakan dan keputusan yang diambil berdasarkan suara hati, akan menghasilan tindakan dan keputusan yang sejalan dengan nilai-nilai kemuliaan. Tercipta suasana harmoni dalam lingkungan kerja dan bisnis, produktivitas semakin meningkat dan memiliki kesungguhan hati dala melaksanakan tugas.
Implikasi nyatanya dalam kehidupan kerja dan bisnis, tidak akan melakukan tindakan yang menyimpang dari aturan etika, moralitas dan nilai-nilai spiritualitas yang bersumber dari dalam hati. SEMOGA BERMANFAAT.
 
***Eko Jalu Santoso adalah Profesional, Founder Motivasi Indonesia dan Penulis Buku. Buku terbarunya "The Wisdom of Business", diterbitkan Elex Media Komputindo.

No comments:

Post a Comment