Be SMART in Life

Rupanya menjalani hidup ini gampang-gampang susah, namun bila kita tahu cara menjalani hidup ini, sesungguhnya gampang saja. Umumnya orang yang menjalani hidup dengan kesusahan, karena mereka tidak tahu cara yang terbaik untuk menjalani hidup ini.
Kalau kehidupan ini diisi dengan keegoisan, ketakutan, kecemasan, prasangka buruk, cemberut & muka ditekuk, maka kehidupan ini akan menjadi tidak nyaman dan menyulitkan. Namun bila kita SMART, hidup ini akan menjadi nyaman dan menyenangkan.
Apa itu SMART? S = Semangat. Menjalani hidup ini haruslah semangat. Masalah hidup selalu ada, tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah menghadapi masalah. Mulai dari masalah keluarga, masalah anak-anak, masalah keuangan, masalah pekerjaan, masalah tetangga, dan lain sebagainya. Bila kita menghadapi semua masalah hidup ini dengan semangat, maka semua masalah itu bisa di atasi dengan mudah, bahkan bisa berubah menjadi berkah. Tetapi sebaliknya bila kita menghadapi dengan kelesuan, ketakutan, atau kejengkelan, masalah itu tidak menjadi selesai, bahkan akan membesar dan menyulitkan hidup kita!Jadi kuncihidup adalah semangat. Dengan semangat barulah kita bisa menghadapi rintangan-ringangan dan keluar sebagai pemenang. Kobarkan terus semangat hidup anda, bangkitkan gairah dan motivasi diri sendiri.
M = Mahir memilih kehidupan. Kita harus mahir memilih kehidupan seperti apa yang ingin kita jalani. Kalau kita tidak memilih, maka akan ada orang lain yang akan memberikan kehidupan bagi Anda dengan risiko mungkin kita tidak suka kehidupan itu. Anda mempunyai kebebasan untuk memilih, gunakan hak ini sebaik-baiknya. Kalau Anda tidak memutuskan pilihan tentang kehidupan yang Anda inginkan, jangan pernah komplain karena memang salah Anda sendiri tidak menggunakan hak pilih anda.
A = Analisa. Kita harus berani dan mampu membuat analisa dan evaluasi diri. Mungkin saja pikiran, ucapan, dan tindakan yang pernah kita lakukan itu salah. Buatlah renungan-renungan untuk merefleksikan apa saja yang telah kita perbuat, lakukan perbaikan sekiranya ada kesalahan-kesalahan yang sengaja maupun tidak anda sengaja. Buatlah komitmen untuk mengaplikasikan perubahan-perubahan yang lebih baik dan jangan malu untuk mengakui kesalahan. Ini kunci untuk melakukan transformasi diri.
R = Rujukan atau referensi. Mau untuk belajar dari pengalaman diri sendiri maupun pengalaman dari orang lain. Jangan mempertahankan keyakinan yang keliru dan yang sudah usang, buka mata hati dan pikiran untuk menerima hal-hal baru. Mungkin saja apa yang pernah kita pelajari sebelumnya atau apa yang kita yakini selama ini sebetulnya keliru dan mempersulit hidup kita sendiri. Anda harus rela dan ikhlas untuk berubah, kalau seandainya keyakinan selama ini salah. Jangan sok gengsi atau mempertahankan sesuatu yang salah, lebih lagi yang mempersulit hidup kita.
T = Tindakan. Lakukan tindakanuntuk mengubah keadaan. Lakukan tindakan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Tanpa tindakan kehidupan kita belumlah berubah. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Salam Bahagia dan Sejahtera.
 
HP: 0813 - 64808061
E-mail: Soe_hartono@hotmail.com
Blog: www.Soegiantohartono.blogspot.com

No comments:

Post a Comment