Menjadi Seorang Hypnotherapist Profesional




            Sepanjang pengalaman saya menjadi hypnotherapist, saya temukan hypnotherapy adalah sebuah terapi yang powerful untuk melepaskan emosi negatif, luka batin, ketakutan irasional atau phobia, menemukan misi hidup, dll. Dari pengalaman ribuan jam terapi dengan ribuan klien dengan jadwal waiting list klien empat bulan, saya menyaksikan sendiri bagaimana hypnotherapy bisa mentransformasi hidup mereka. Itulah pula yang menjadi pondasi saya merancang Wisdom Therapy.
            Tapi, jika kembali mengingat pengalaman-pengalaman awal saya terapi, saya bisa tersenyum-senyum sendiri. Waktu itu saya menemukan sulit sekali membuat klien terhypnosis dan waktu yang dibutuhkan lebih dari setengah jam karena saya diajarkannya hanya induksi progresif yang memakan waktu sangat panjang. Problem lainnya yang muncul adalah setelah klien masuk relaksasi (karena dengan induksi progresif mengantarkan klien ke relaksasi dan sulit sekali klien bisa masuk level somnambulism yaitu level di mana therapeutic bisa dilakukan) maka therapeutic apa yang harus dilakukan. Dulu saya hanya diajarkan untuk memberikan sugesti kepada klien tapi tidak secara mendalam diajarkan metode therapeutic. Padahal therapeutic adalah kunci dalam hypnotherapy. Mudah untuk menghypnosis orang namun setelah orang itu sudah terhypnosis mau diapakan? Faktor-faktor di atas membuat sesi hypnosis tidak efektif dan itulah yang membuat orang-orang merasa hypnotherapy doesn’t work padahal hypnotherapy does work very effectively!
            Kendala-kendala di atas pasti pun banyak dihadapi oleh para hypnotherapist baru. Itu saya alami karena waktu training yang saya dapatkan hanya tiga hari dan waktu tiga hari itu sangat tidak efektif untuk bisa membuat seseorang secara maksimum mempelajari teknik therapeutic.
            Lalu bagaimana supaya bisa menjadi seorang hypnotherapist profesional? Seorang hypnotherapist adalah seseorang yang memberikan terapi. Definisi terapi adalah sesuatu yang bisa membuat individu menjadi lebih sehat dan lebih baik. Jadi dalam hal ini ada proses transformasi bagi si klien. Transformasi itu bisa terjadi karena ada proses therapeutic yang dilakukan. Tapi justru inilah kendala utama para hypnotherapist baru.
            Seorang hypnotherapist profesional harus menguasai teknik hypnosis yang efektif yang bisa mengantarkan klien ke level somnambulism. Somnambulism adalah level di mana therapeutic bisa dilakukan. Berarti perubahan atau transformasi baru bisa terjadi jika klien masuk ke level ini. Setelah klien berada di somnambulism, kunci utama selanjutnya adalah proses therapeutic yang efektif untuk melepaskan semua masalah klien. Kebanyakan training yang hanya dua atau tiga hari hanya keburu mengajarkan bagaimana mengantarkan klien ke kondisi hypnosis sehingga teknik therapeutic tidak ditekankan.
            Hal ini membuat saya merenung, dalam pengalaman training “Becoming Hypnotherapist” 100 jam yang saya adakan, tiga hari pertama saja saya pakai untuk mengajarkan fundamental hypnosis karena ada begitu banyak pengetahuan untuk diajarkan, seperti role of unconscious/subconscious/conscious mind, waking hypnosis, instant dan rapid inductions, rules of the mind, self-hypnosis, hypnosis method for analitical subject, deepening techniques dan masih banyak lagi. Di fundamental itu, saya mengajarkan berbagai metode instant dan rapid inductions di mana hanya dalam waktu maksimal 4 menit mengantarkan seseorang ke level somnambulism. Lalu saya ajarkan delapan kunci memberikan sugesti yang efektif. Di tiga hari itu para murid melakukan banyak praktek supaya mereka merasakan sendiri pengalaman menghypnosis orang hanya dalam waktu kurang dari 4 menit. Itu semua baru dasar hypnosis belum masuk ke intermediate dan advance level, di mana teknik therapeutic akan di-reveal. Bahkan, setelah 100 jam training itu saya langsung sediakan klien yang memiliki problem kepada para murid sebagai jam terbang praktek. Jika demikian, apakah cukup dan memadai untuk seseorang menjadi advance dalam hypnotherapy hanya dalam waktu dua atau tiga hari?
            Lalu jika Anda ingin menjadi hypnotherapist profesional yang artinya ingin berkarier sebagai hypnotherapist, sebuah profesi untuk menolong orang lain, berikut adalah tips supaya Anda bisa menjadi seorang hypnotherapist dengan klien yang Anda tangani sungguh-sungguh merasakan proses transfomasi:
  • Kuasaiinduksi yang bisa mengantarkan klien minimum ke level somnambulism.
  • Kuasaipengetahuan tentang cara kerja pikiran, dalam hal ini unconscious,subconscious dan conscious mind, cara bypass critical factor dan wakinghypnosis.
  • Kuasaicara penyampaian pre-talk Anda kepada klien.
  • Kuasaiinstant dan rapid inductions di mana Anda bisa menghypnosis orang dalamhitungan detik. Ini diperlukan untuk demo kepada orang lain danmeningkatkan kepercayaan diri Anda sebagai seorang hypnotist yang handal.
  • Kuasaiteknik therapeutic supaya hypnotherapy session yang Anda lakukansungguh-sungguh efektif.
  • Jadilahup-to-date! Belajar dan ikuti training hypnotherapy karena teknik induksidan metode therapeutic dalam hypnotherapy terus berkembang.
Jika Anda sungguh-sungguh menyediakan waktu dan tenaga yang Anda investasikan untuk terus mengembangkan teknik Anda dan mengikuti training hypnotherapy maka Anda akan menyaksikan langsung kalau hypnotherapy does work! Klien pun akan terus bertambah dan itu bukan karena Anda yang berkoar tapi efektivitas therapeutic itu yang bicara. Percayalah, jika itu terjadi, Anda akan dapatkan jadwal terapi Anda akan terus full booked sampai Anda kewalahan! 
 
Untuk informasi Training kunjungi http://www.nathaliainstitute.com

No comments:

Post a Comment