Heroic Leadership II


  1. Visi yang jelas:
    Pemimpin heroik  adalah mereka yang mempunyai mimpi-mimpi besar yang jelas, terukur dan terarah. Hal yang membedakan mereka dengan pemimpin yang lain adalah, kemampuan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Mereka mampu melihat sebuah tantangan sebagai peluang. Mereka mampu menemukan solusi diantara begitu banyak masalah-masalah  yang dihadapi.

    Mereka tanggap, dan segera mencari, menggali menemukan,  dan mengolah ketidakpastian menjadi peluang dan kesempatan.

    Kemudian mereka  mampu merumuskan mimpi, peluang, dan solusi  tersebut dalam suatu visi yang jelas sebagai target yang harus dicapai. Bagi mereka, sebuah visi adalah sebuah “petualangan”, sebuah  tantangan yang menggairahkan.

    Bila mereka ditanya bagaimana ia akan merealisasikan visinya, ia akan berkata,“Merebut kemenangan telah menjadi agenda utama dan saya akan mewujudkannya dengan segala risiko.” Keberanian dan tidak ragu-ragu mengambil risiko menjadi ciri khas pemimpin heroik.
  2. Strategi yang tepat guna*
    Strategi ialah siasat, skema, grand formula atau suatu cetak biru yang didalamnya berisi taktis, skala prioritas dan operasional. Strategi sebagai jembatan yang akan menghubungkan, dan menjadikan  visi menjadi realisasi.  Selain itu, strategi juga sebagai sarana untuk  membantu melihat, menangkap peluang dan kesempatan yang ada agar tidak kehilangan momentum. Strategi juga membantu pemimpin untuk memastikan mereka menggunakan, menggalang, memanfaatkan dan mengkoordinasi sumberdayanya dengan baik dan efektif. Sehingga masalah yang sulit, kompleks,  tidak menentu menjadi sederhana dan mudah diatasi.

    Ditambah dengan pemimpin yang  ahli, piawai  dalam menilai, membaca dan memahami medan walaupun menghadapi situati yang sulit. Maka ia dipastikan akan mampu  merumuskan dan mengformulasikan strategi yang tepat guna untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.
Walaupun ia seorang pemimpin heroik, bukan berarti ia sendiri yang mengeksekusi strategi-strategi tersebut, teta­pi melibatkan bawahan atau pasukannya. Agar semua rencana   berjalan efektif:
  1. Harus ada persiapan yang matang.  Seorang pemimpin, paling tidak harus mengalokasikan 50% untuk perencanaan, 25% untuk pelaksanaan dan 25% lagi untuk evaluasi.
    Dalam peribahasa Mandarin kita mengenal  ungkapan:
    Xiong you chéng zú. Segalanya perlu persiapan, agar rencana bisa berjalan dengan mulus dan mendapatkan hasil yang baik.
    Kita juga mengenal ungkapan  you bèi wú huàn. Dengan adanya persiapan, Anda bisa menghindari risiko dan menghindari kegagalan total.
    Ada juga   fán shì yù zé lì bù yù zé bài. Segala sesuatu bila dipersiapkan dengan baik bisa berhasil, seba­liknya tanpa persiapan  pasti gagal.
  2. Harus mampu berkomunikasi, berkoordinasi, mendorong, dan memotivas mereka untuk bergerak dalam aturan dan irama yang ia inginkan.
  3. Seorang pemimpin  juga  harus memastikan dari waktu ke waktu semua rencananya tetap berada dalam jalur dan  sesuai dengan misi-misinya.

Dalam mengeksekusi suatu strategi, hal yang tidak kalah pentingnya ialah kecepatan, ketepatan, dan fleksibilitas dalam implementasinya. Mengenai pentingnya kecepatan, juga bisa di lihat di Cheng yu berbunyi  bing guì shén sù. Kecepatan adalah sesuatu yang sangat penting  dalam dunia perang. Sebenarnya artinya tidak hanya dalam medan perang saja, tetapi juga  dalam dunia modren saat ini yang ditandai dengan perkembangan dan perubahan  yang begitu cepat serta arah pergerakan yang tidak menentu. Seorang pemimpin dituntut mampu bertindak cepat, tepat dan fleksibel atau ia  kehilangan momentum.

(Bersambung.......)

Salam sukses untuk Anda



Leman Yap

Penulis buku ”The Best of Chinese Leadership Wisdoms”



* Untuk mendalami strategi-strategi yang dihasilkan para tokoh legendaris, yang masih relevan untuk diaplikasikan, Anda dapat membaca buku  ”The Best of Chinese Strategies: Memenangkan kompetisi bisnis dengan  36 strategi yang telah teruji selama ribuan tahun”

No comments:

Post a Comment