Motivasi Hidup

 Seminar "Bruce Lee - 8 Dragon Spirit for Success" pada 2 April 2011 di Jakarta, yang dihadiri 2500 orang, sangat membahagiakan dan memuaskan. Para peserta yang hadir pun antusias mengikuti acara hingga akhir. Bahkan banyak yang belum beranjak ketika acara sudah selesai karena mencari kesempatan untuk foto-foto. Mereka yang sudah mendapatkan buku terbaru saya, "Bruce Lee - 40 Spirit of Success", bersedia antre hingga sekitar setengah jam untuk mendapatkan tanda tangan.

Aura semangat seminar itu belum habis. Pagi tadi saat saya talkshow rutin di Radio Sonora, banyak telepon dan SMS yang mengabarkan kesan dan pesannya mengenai seminar itu. Bahkan ada yang meminta dilakukan seminar ulang agar mereka yang tak kebagian tiket untuk acara Sabtu kemarin bisa mengikutinya. "Sikap mental dan filosofi Bruce Lee ini harus disebarkan karena penting bagi generasi muda," kata seorang pendengar Sonora yang menelepon ke studio.

Saya masih akan mengadakan seminar di sejumlah kota di Indonesia. Yang terdekat adalah di Denpasar, Bali yang akan diselenggarakan pada 16 April 2011 (silakan hubungi Narayana Production - 0811397022), dan Solo pada 30 April 2011 (hubungi Gus Minging - 081548502323 atau Pak Tanu - 087836171717). Untuk Jakarta, ada usulan mengadakan seminar pendek sambil bedah buku "Bruce Lee 40 Spirit of Success". Tunggu saja tanggal mainnya.

Oh ya, teman-teman, tema talkshow saya tadi pagi mengenai "Perjuangan Hidup". Saya membawakan cerita fabel mengenai seekor anjing yang masih muda dan terkenal dengan keangkuhannya. Dia merasa dirinya gagah, berani, gesit, dan cepat dalam berlari serta pandai dalam memburu mangsa sasarannya. Namun keangkuhannya itu tak berarti saat mengejar kelinci muda yang ingin dimangsanya. Ia kalah adu cepat hingga sang kelinci selamat dan sembunyi di suatu lubang.

Makna dari cerita itu, kelinci muda yang 'kepepet' karena dikejar anjing, mampu mengerahkan segenap tenaga dan kemampuannya agar bisa lolos dari kematian. Ia selamat karena fokus dan berlari dengan penuh totalitas untuk menghindari anjing. Sedangkan motivasi anjing mengejar kelinci hanya sebatas kesenangan dan memuaskan rasa laparnya.

Kita pun sebagai manusia kerap dihadapkan pada situasi seperti yang dialami kelinci. Kita bisa saja menyerah, tetapi jika situasi tidak menguntungkan itu kita hadapi dengan mental yang kuat, tanggap, responsif, proaktif, dan berani menghadapi kenyataan, kita akan mampu keluar dari krisis dan sekaligus tampil sebagai pemenang. Itulah motivasi, perjuangan hidup.

Salam sukses luar biasa!!

http://www.andriewongso.com/artikel/25/Catatan_Andrie_Wongso/

No comments:

Post a Comment