Berbuat Baik

Beberapa waktu lalu saya membaca hasil penelitian menarik yang dipublikasikan oleh Sciencedaily. Penelitian itu mencoba menelusuri motivasi seseorang saat akan menjadi tenaga sukarelawan. Dari hasil penelitian terungkap bahwa seseorang bersedia membantu orang lain karena alasan azas saling membantu, membantu orang lain adalah aktivitas terbaik yang bisa dilakukan, menolong juga bisa membuat perasaan seseorang jadi lebih baik.

Lalu apa manfaat dari kebiasaan membantu orang lain itu? Ternyata menolong orang lain secara fisik bisa membuat seseorang lebih sehat. Menurut penelitian itu, orang yang suka bekerja menjadi tenaga sukarelawan memiliki umur lebih panjang dibanding orang sebaliknya.

Selain dari itu, ternyata responden yang diteliti tak menyadari manfaatnya saat melakukannya. Mereka berbuat baik semata-mata karena keterpanggilan jiwa dan tulus demi membantu orang lain. Saya berpikir, jangan-jangan ketulusan ini yang jadi kuncinya.
 

Sahabat yang Luar Biasa!

Tadi pagi di Radio Sonora saya pun membawakan tema serupa untuk talkshow rutin setiap Senin pagi, yakni: "Imbalan Perbuatan Baik".

Saya tak bercerita tentang apa saja imbalan yang bisa didapat. Tetapi cepat atau lambat, perbuatan baik selalu mendatangkan kebaikan pula bagi yang melakukannya. Salah satu contohnya diilustrasikan pada cerita motivasi yang tadi pagi saya bawakan pada talkshow "AW Success, Wisdom & Motivation".

Hasil penelitian tim dari University of Michigan seperti yang saya ungkapkan di awal tulisan ini memperkaya manfaatnya. Ternyata berbuat baik juga menyehatkan dan pada gilirannya bisa membuat seseorang panjang umur. Seharusnya hal ini akan mendorong kita untuk membantu orang lain lebih sering lagi. Kuncinya adalah "tulus" melakukannya.

Karena itu, mari lakukan perbuatan-perbuatan baik secara spontan, dengan hati yang tulus dan ikhlas. Kita tak perlu memikirkan untung-ruginya saat membantu orang lain. Setuju, teman-teman?

Salam sukses, Luar Biasa!

http://www.andriewongso.com/artikel/25/Catatan_Andrie_Wongso/

No comments:

Post a Comment