Kita Dilahirkan di Dunia Ini Pasti Punya Manfaat

 Setiap bangsa, setiap budaya tentu memiliki cerita-cerita fabel. Dongeng tentang binatang sebagai tokoh utamanya ini memiliki petuah bijak sebagai bahan pembelajaran hidup khususnya bagi anak-anak. Diceritakan secara turun-temurun dari kakek-nenek ke ayah-ibu, dan seterusnya.

Kita mungkin mendapat ceritanya dari ayah atau ibu kita yang mendongengkannya saat menjelang tidur atau mungkin di kesempatan-kesempatan tertentu. Di sekolah pun saat duduk di bangku sekolah dasar, kita sering mendengar atau membaca fabel-fabel yang diajarkan sebagai bagian dari mata pelajaran Bahasa Indonesia atau sastra.

Peran fabel sebagai bahan pembelajaran hidup yang berisi pesan bijak, inspirasi, kecerdikan, dan sebagainya, itu diakui dunia pendidikan sebagai pelajaran yang efektif, simpel dan mudah dicerna. Jangan heran jika sampai kini adaptasi fabel-fabel yang sudah hidup raturan hingga ribuan tahun lalu bertebaran di berbagai karya tulis, animasi, dan lain sebagainya. Adaptasinya juga diselipkan dalam pembelajaran bisnis modern.

Sahabat yang Luar Biasa!

Pagi ini pada talkshow rutin di jaringan Radio Sonora saya membawakan salah satu fabel yang diambil dari buku saya 22 Wisdom & Success dengan judul "Aku Dilahirkan di Dunia Ini Pasti Punya Manfaat". Fabel ini juga ada di CD-Audio book "10 Wisdom, Inspiration & Motivation for Success" #9 dengan judul yang sama.

Cerita itu sangat bermakna, bercerita tentang kura-kura yang merasakan kelambatannya berjalan akan menjadi masalah saat berhadapan dengan binatang buas. Ia pun belajar berlari pada pelanduk. Ternyata ketika ia berhadapan dengan raja hutan yang mencoba memangsanya, tempurung di punggungnya menjadi pelindung yang ampuh. Sang kura-kura pun selamat.

Bahan pelajaran dari fabel itu adalah setiap orang yang dilahirkan di dunia pasti punya manfaat, juga pasti memiliki ciri khas yang tidak dimiliki orang lain. Karena itu mari syukuri apa yang kita miliki dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Kita tak perlu silau kala melihat kelebihan orang lain. Karena sekecil apa pun kemampuan kita, jika dikembangkan dengan penuh keyakinan, penuh kesungguhan hati, dan fokus, suatu kali akan membawa kita pada kemenangan dan kesuksesan.

Salam sukses, Luar Biasa!

http://www.andriewongso.com/artikel/25/Catatan_Andrie_Wongso/

No comments:

Post a Comment