2011: Siap Menjadi Juara!

 Pesta olahraga SEA Games 2009 di Laos baru saja usai. Target tiga besar yang dicanangkan, telah tercapai. Namun, rasanya ada sedikit ganjalan.
Kalau melihat ke belakang, saat pertama kali berpartisipasi di SEA Games 1977 Malaysia, Indonesia langsung jadi juara umum. Setelah itu, juara umum menjadi tradisi kita (kecuali saat Thailand menjadi tuan rumah). Atlet-atlet kita pun disegani. Kita diakui sebagai bangsa besar.
Kejayaan Indonesia makin gemilang, ketika menjadi tuan rumah pada tahun 1997. Kita berhasil meraih 194 medali emas. Sementara Thailand yang menjadi juara kedua, hanya memperoleh 83 medali emas--kurang dari separuh medali emas yang kita dapatkan.
Seirama dengan krisis ekonomi 1998, prestasi Indonesia di SEA Games pun ikut terpuruk. Kita kehilangan kejayaan. Malah, pada tahun 2005, kita mencatat prestasi terburuk: nomor lima se-Asia Tenggara!
Untuk SEA Games 2009 di Laos, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng mengampanyekan kebangkitan dengan menargetkan juara ketiga. Memang, hal ini dapat dipenuhi. Hanya saja, jumlah perolehan medalinya mengkhawatirkan. Kita cuma mendapatkan 43 medali emas, jumlah terendah sepanjang sejarah keikutsertaan kita di SEA Games. Selain itu, jumlahnya hanya separuh dari medali emas yang didapatkan olehjuara umum Thailand.
Sebenarnya, dengan jumlah penduduk terbesar se-Asia Tenggara, kita pantas mendapatkan hasil yang lebih besar dan membanggakan!
Teman-teman yang luar biasa,
Sepertinya kita sudah kehilangan roh di gelanggang. Spirit kita terus tergerus! Jika kita turun dengan spirit penuh, kita bisa berlaga dengan hasil maksimal, seperti yang ditunjukkan oleh sprinter luar biasa kita: Suryo Agung Wibowo. Dia bisa memecahkan rekor nasional (yang sudah bertahan 20 tahun) serta rekor SEA Games untuk nomor lari 100 meter! Untuk itu, ia berlatih dengan keras. Ia berlaga dengan keyakinan. Ia bertanding dengan spirit! Ia pantas juara dan pantas banggakan. Kalau Suryo (dan atlet-atlet lain) saja bisa meraih medali emas, mengapa yang lain tidak bisa?
Mari teman-teman, kita tumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia! Kita adalah bangsa yang BESAR. Jadikan SEA Games XXVI 2011 sebagai tonggak baru kebangkitan kita. Tentu, target kita adalah juara umum. Bukan hanya karena kita menjadi tuan rumah, tetapi yang utama adalah karena kita LAYAK mendapatkannya!
Dengan membangkitkan Spirit of Indonesia dan melakukan persiapan yang matang, kita BISA menjadi juara umum dua tahun mendatang, dan seterusnya! Semoga!
Salam sukses, Luar Biasa!!

http://www.andriewongso.com/artikel/catatan_andrie_wongso

No comments:

Post a Comment