Melensoft Trainer



Ini adalah sebuah program flash card yang sederhana namun sangat berguna. Flashcard adalah semacam alat bantu dalam belajar yang sifatnya seperti kartu peraga. Flashcard atau kartu peraga ini menampilkan bahan-bahan yang akan kita pelajari satu per satu, satu soal dalam satu kartu. Dengan cara ini akan memudahkan kita untuk mengingat setiap materi pelajaran sekaligus mengecek ingatan kita. Program Melensoft Trainer akan menanyakan satu demi satu kata yang kita pelajari yang diambil secara acak dari sebuah file teks (*.TXT) yang telah kita persiapkan sebelumnya. Cara membuat file TXT sumber pelajaran kita itu sangat mudah. Perhatikan format penulisannya di bawah ini:

beef : daging sapi

bread : roti

breakfast: makan pagi


Hanya sesederhana seperti itulah yang kita tuliskan dalam file TXT (dibuat dengan program yang umum dijumpai seperti Notepad). Maka Melensoft Trainer akan mengambil secara acak data-data tersebut kemudian menampilkannya dalam bentuk pertanyaan ke hadapan anda lengkap dengan opsi jawabannya yang harus anda pilih.



Fitur-fitur software ini antara lain:

* Menampilkan kata-kata secara random (acak)
* Pengguna dapat memasukkan jawaban dengan menulis secara langsung maupun dengan memilih dari sejumlah jawaban yang mungkin (soal multiple choice)
* Pasangan soal dan jawaban dapat berupa satu kata maupun kalimat (lebih dari satu kata)
* Tidak terpengaruh cara penulisan huruf kapital
* Pilihan pembatasan waktu menjawab soal
* Pilihan jenis font
* Bisa menampilkan banyak baris untuk kedua lajur
* Bisa menampilkan jawaban dalam jendela yang berbeda bila jawaban anda salah
* Opsi pengaturan program dapat tersimpan untuk penggunaan selanjutnya

No comments:

Post a Comment