Jerawat Berubah Jadi Benjolan, Apakah Kanker Kulit?

Pertanyaan :Assalamualaikum wr. Wb, Hi dok, saya ada benjolan bekas jerawat di pipi saya. Pada awalnya merupakan jerawat, kemudian saya keluarkan isinya, tapi lama kelamaan malah menjadi bekas jerawat. Bentuknya seperti benjolan dan bila kemudian saya buang lapisan kulit luarnya menimbulkan darah. Rasanya benjolan tersebut semakin membesar, apakah hal ini merupakan kanker kulit ya dok? Terima kasih
Intan, 24 tahun -  Kebayoran

Jawaban :
Hi miss Intan, semoga saat ini tidak melukai kembali bekas jerawatnya ya. Sesuai dengan apa yang diuraikan, maka jerawat pada wajah tersebut telah mengalami manipulasi yakni dengan mengeluarkan isinya. Dalam hal ini, pengeluaran isi jerawat sebaiknya dilakukan dengan kondisi yang bersih dan steril, tentu akan lebih baik bila berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai masalah jerawat tersebut.
Hal tersebut berkaitan dengan efek lanjutan setelah mengeluarkan isi jerawat, yang seharusnya ditreatment secara khusus. Pada jerawat yang dimanipulasi, dampaknya bisa berupa terdapatnya bekas luka. Jerawat terjadi karena berbagai macam faktor baik atas pola hidup yang tidak sehat maupun kondisi wajah yang tidak bersih dari debu maupun keringat.
Wujud serta bentuknya dari luka tersebut pun bermacam-macam, bisa berlubang, atau menjadi keloid serta dapat menjadi kista maupun yang lainnya. Bila ditelaah lebih jauh, sesuai dengan cerita miss Intan kondisi bekas jerawat yang semakin membesar dan mudah mengeluarkan darah yang muncul dari bekas luka tersebut ada kemungkinan terbentuk Granuloma benjolan dikulit dan kenyal (nodul).
Sebaiknya dihentikan kebiasaan untuk melakukan pengeluaran isi jerawat yang dipaksakan, terlebih melakukan perlukaan kembali bekas jerawat yang telah mulai mengering. Karena hal tersebut dalam kondisi yang tidak bersih dapat mengakibatkan terjadinya Granuloma tersebut.
Alangkah lebih baik bila miss Intan dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit akan hal tersebut untuk dapat melakukan pemeriksaan langsung. Dalam hal ini observasi oleh dokter Kulit akan lebih menyeluruh atas kondisi jerawat serta bekas jerawat yang dialami. Semoga miss Intan akan segera bebas dari gangguan jerawat yang nakal, serta tampil penuh percaya diri ya.

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

No comments:

Post a Comment