Amaze



Siapa yang tidak pernah bermain seperti pada gambar di atas? Ya, mungkin setiap kita pernah memainkan permainan seperti di atas sewaktu anak-anak, bahkan orang dewasa pun sesekali juga masih ada yang mencobanya. Dalam bahasa Inggris, permainan tersebut bernama "amaze". Dalam bahasa Indonesia disebut apa ya? Kotak Labirin? Mencari Jalan? Boleh-boleh saja, meskipun belum ada nama resmi -paling tidak sepanjang yang saya tahu- yang jelas, hampir setiap kita sudah familiar dengan permainan tersebut.

Seperti yang pernah dibahas dalam blog ini, permainan puzzle, amaze dan yang semacamnya seperti ini, sangat bagus diberikan kepada anak-anak. Diantaranya bisa melatih k
eterampilan kognitif (cognitive skill) yang berkaitan dengan kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah, keterampilan motorik halus (fine motor skill) yang berkaitan dengan kemampuan anak menggunakan otot-otot kecilnya khususnya tangan dan jari-jari tangan, serta keterampilan sosial yang berkaitan dengan kemampuan berinteraksi dengan orang lain; karena puzzle dan amaze seperti itu dapat pula dimainkan secara kelompok dengan sistim perlombaan kecil-kecilan.

Software yang dibahas kali ini sangat membantu kita untuk menciptakan permainan "mencari jalan" tersebut dengan mudah, cepat dan dalam jumlah banyak. Dengan program Amaze ini, kita tinggal memasukkan sejumlah opsi atau pilihan yang akan menentukan model, tampilan dan tingkat kesukaran dari "kotak labirin" yang hendak kita buat. Misalnya ukuran kotak area permainan, ketebalan dinding (garis-garis) serta ketebalan garis-garis petunjuk jalan keluar. Lebih dari itu, amaze yang telah kita desain bisa diekspor dalam bentuk file gambar (BMP, JPG, dsb) dan bisa pula dicetak di atas selembar kertas. Kita bisa membuat model kotak labirin yang berbeda-beda, dalam jumlah nyaris tak terbatas secara cepat (tinggal klik menu New).

Pokoknya dengan program ini kita bisa mengadakan perlombaan amaze atau "mencari jalan keluar kotak labirin" antar anak-anak kita dengan mudah! Download segera:

LINK DOWNLOAD ADA DI SINI!

No comments:

Post a Comment