ASI Eksklusif Penting untuk Cegah Campak dan Polio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif selama enam bulan bisa memberi kekebalan tubuh bayi dari beberapa penyakit. Termasuk diantaranya penyakit campak dan polio.
''ASI eksklusif penting untuk mencegah baik polio dan campak,'' ujar Sekretaris Satuan Tugas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Soedjatmiko di Jakarta, Ahad (25/9).
Ia memaparkan, pencegahan kedua jenis penyakit yang berbahaya bagi anak ini diakui tidak hanya melalui imunisasi saja. Tapi pemberian ASI eksklusif bisa menambah perlindungan bagi bayi. Karena itu, ibu yang melahirkan harus memberikan ASI eksklusif, kecuali ibu yang tidak bisa menyusui karena indikasi medis.
Menurut Soedjatmiko, anggapan masyarakat selama ini bahwa penyakit campak tak berbahaya adalah salah. ''Penyakit campak sangat berbahaya,'' tegasnya.
Pada kasus campak berat bisa menyebabkan kematian. Dan jika campak mengenai saraf otak, maka akan menyebabkan kecacatan seumur hidup.
Begitu juga dengan penyakit polio yang mudah menular. Penyakit yang masuk melalui saluran pencernaan ini menyerang sel saraf. ''Jika menyerang saraf pernafasan, akan meninggal karena tidak bisa bernafas,'' jelas Soedjatmiko.
Pada banyak kasus, polio menyerang saraf bergerak sehingga menyebabkan kaki dan tangan lumpuh.

No comments:

Post a Comment