Aneka Software Astronomi

Astronomi, yang secara etimologi berarti "ilmu bintang" (dari Yunani: άστρο, + νόμος), adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Astronomi adalah salah satu di antara sedikit ilmu pengetahuan di mana amatir masih memainkan peran aktif, khususnya dalam hal penemuan dan pengamatan fenomena sementara. Astronomi jangan dikelirukan dengan astrologi, ilmusemu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit. Meskipun memiliki asal-muasal yang sama, kedua bidang ini sangat berbeda; astronom menggunakan metode ilmiah, sedangkan astrolog tidak.

Buat anda yang tertarik untuk mempelajari Astronomi berikut ini beberapa software yang bisa membantu:

1) Asynx Planetarium


Asynx Planetarium merupakan aplikasi ringan namun sangat membantu dalam hal mempelajari ilmu perbintangan serta tata surya. Dengan sistem virtual yang ada, Anda bisa melihat siklus perputaran sistem tata surya serta pergerakan yang terjadi. Hal ini juga membantu untuk memprediksi cuaca yang akan datang.

2) Celestia


Dengan Celestia, Anda bisa menjelajah tata surya secara virtual mulai dari mengelilingi angkasa, mengamati jajaran planet dari stasiun angkasa luar hingga menginjakkan kaki di sejumlah planet. Aplikasi bertampilan 3D yang lumayan apik ini memang memperlakukan dirinya sebagai pesawat ruang angkasa dengan aneka fitur pengamatan yang lengkap.

3) Hallo Northern Sky


Jangan remehkan tampilannya yang sederhana. Lihat fitur dan fasilitasnya lebih dalam, maka Anda bisa mengobservasi langit lebih leluasa. Sekilas tampilan ini mirip radar atau semacam grafik berisi titik-titik. Secara default, obyek-obyek langit yang tampil tidak ditampilkan secara detil dan 3 dimensi. Na,im jika Anda mengetik tombol Ctrl+F maka beberapa obyek langit ditampilkan sesuai aslinya dengan tekstur pelengkap.

4) NASA World Wind


Salah satu proyek edukasi yang diluncukan NASA dalam memberikan gambaran tata surya dengan isinya. Hasil gambar yang didapat ditangkap menggunakan satelit Landsat 7 yang memungkinkan gambar yang ada tampil dalam mode 3D. Tampilan landscape bumi sendiri mengingatkan akan Google Earth dengan detil yang jelas.

5) Sky Atlas


Sky Atlas merupakan aplikasi astronomi paling sederhana. Sesuai namanya, versi gratis-nya hanya menapilkan 'denah' dari sistem tata surya. Selain itu kita bisa memprediksikan apa yang akan terjadi beberapa saat kedepan, sehingga berguna untuk mempredisksi cuaca dan lainnya.

6) Solar System


Aplikasi yang satu ini cocok untuk menjadi panduan bagi para pelajar. Dengannya Anda bisa dapat mempelajari bagaimana sistem kerha tata surya khususnya untuk galaksi bima sakti. Seperti namanya, aplikasi ini memang hanya sebagai simulasi saja, bagaimana planet mengorbit dan matahari sebagai pusat orbit.

7) Stellarium


Tampilan aplikasi ini sangat indah. Saat pertama kali menjalankannya, Anda seakan-akan beada ditengah padang rumput dimana langitnya ditaburi bintang, persis sepeti saat duduk ditengah ruang planetarium.

Masih ada software lain yang bagus? Tolong diinformasikan lewat fasilitas komentar di blog ini!

Melensoft Trainer



Ini adalah sebuah program flash card yang sederhana namun sangat berguna. Flashcard adalah semacam alat bantu dalam belajar yang sifatnya seperti kartu peraga. Flashcard atau kartu peraga ini menampilkan bahan-bahan yang akan kita pelajari satu per satu, satu soal dalam satu kartu. Dengan cara ini akan memudahkan kita untuk mengingat setiap materi pelajaran sekaligus mengecek ingatan kita. Program Melensoft Trainer akan menanyakan satu demi satu kata yang kita pelajari yang diambil secara acak dari sebuah file teks (*.TXT) yang telah kita persiapkan sebelumnya. Cara membuat file TXT sumber pelajaran kita itu sangat mudah. Perhatikan format penulisannya di bawah ini:

beef : daging sapi

bread : roti

breakfast: makan pagi


Hanya sesederhana seperti itulah yang kita tuliskan dalam file TXT (dibuat dengan program yang umum dijumpai seperti Notepad). Maka Melensoft Trainer akan mengambil secara acak data-data tersebut kemudian menampilkannya dalam bentuk pertanyaan ke hadapan anda lengkap dengan opsi jawabannya yang harus anda pilih.



Fitur-fitur software ini antara lain:

* Menampilkan kata-kata secara random (acak)
* Pengguna dapat memasukkan jawaban dengan menulis secara langsung maupun dengan memilih dari sejumlah jawaban yang mungkin (soal multiple choice)
* Pasangan soal dan jawaban dapat berupa satu kata maupun kalimat (lebih dari satu kata)
* Tidak terpengaruh cara penulisan huruf kapital
* Pilihan pembatasan waktu menjawab soal
* Pilihan jenis font
* Bisa menampilkan banyak baris untuk kedua lajur
* Bisa menampilkan jawaban dalam jendela yang berbeda bila jawaban anda salah
* Opsi pengaturan program dapat tersimpan untuk penggunaan selanjutnya

No comments:

Post a Comment