Membuat Karir Terus Melaju

Saya percaya bahwa setiap orang tentu menginginkan karirnya terus maju dan meningkat lebih pesat lagi. Meningkatnya karir bukanlah datang dengan sendirinya secara kebetulan, tetapi harus diupayakan dengan penuh disiplin dan kerja keras. Itupun juga harus disertai dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip yang mengendalikan kemajuan karir seseorang itu.

Prinsip-prinsip ini memegang peran yang besar bagi kemajuan karir seseorang, bila kita bekerja tanpa mengenal prinsipnya kita akan salah arah dan sampai pada tujuan yang salah.

Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan, prinsip-prinsip yang diperlukan untuk meningkatkan karier, yaitu sbb:

1. Bekerja melebihi upah yang Anda terima
Berikanlah yang terbaik dari diri Anda, secara praktis dapat diaplikasikan dalam bentuk seperti berikut ini:
- Datang lebih awal untuk mempersiapan segala sesuatu.
- Selesaikan pekerjaan tepat waktu.
- Bekerja lebih produktif, dengan disiplin, lebih efisien, dan lebih efektif.
- Belajar mengatasi masalah-masalah yang Anda hadapi.
- Belajar bertanggung jawab. Jangan pernah menimpakan kesalahan kepada orang lain atas berbagai masalah yang muncul.
Kuncinya:Lakukanlah selalu lebih banyak dari yang sudah diupahkan kepada Anda.

2. Meningkatkan Kompetensi
Untuk bisa bekerja lebih baik, kita tentunya harus mempunyai alat yang baik. Alat ini kita kenal dengan pengetahuan dan keterampilan. Milikilah kompetensi yang memadai sesuai bidang pekerjaan Anda.

3. Pelajari seluk beluk perusahaan
Selain kompetensi praktis, kita juga perlu mengenali seluk-beluk operasional pada perusahaan itu, dengan begitu kita bisa tahu lebih banyak. Pelajarilah apa saja yang bisa Anda palajari, mungkin suatu saat apa yang Anda pelajari itu akan bermanfaat.

4. Mintalah lebih banyak tugas untuk dikerjakan
Bila pekerjaan Anda sendiri telah mampu Anda selesaikan dengan baik dan lebih cepat dari jadwalnya, jangan mengisi waktu kosong itu hanya bengong atau ngobrol. Sebaiknya, mintalah tugas lain yang bisa Anda kerjakan. Ini dapat meningkatkan keterampilan. Anda juga akan mendapatkan perhatian lebih dari atasan.

5. Mintalah tanggung jawab lebih besar
Adalah suatu penghargaan buat diri kita, bila perusahaan mau memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada kita. Tanggung jawab yang diberikan kepada kita juga merupakan bukti bahwa perusahaan telah memberikan kepercayaan kepada kita.

Kalau kita sudah merasa mampu, mintalah tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya, dan buktikan dalam performance kita. Jika kita mampu membuktikan bahwa kinerja kita sangat memuaskan, kita akan bisa melangkah ke tangga yang lebih tinggi lagi.

Janganlah kita hanya bersedia menerima kenaikan gaji, tetapi tidak bersedia menerima kenaikan tanggung jawab. Bila kita ingin lebih sukses, kita harus bersedia menerima tanggung jawab yang lebih besar.

6. Siap menerima tugas apa pun
Kalau kita bekerja pada sebuah perusahaan, kita harus siap menerima tugas apa pun. Jangan memilih untuk mengerjakan tugas tertentu saja, tetapi semua tugas yang di berikan kepada kita adalah baik adanya. Kita dapat belajar dari setiap bagian yang ditugaskan kepada kita. Kalau kita mau menjadi seorang pemimpin perusahaan, kita harus tahu seluk beluk perusahaan sampai ke seluruh bagian pekerjaan.

7. Terus Belajar
Setiap saat situasi berubah, untuk mengatasi setiap perubahan kita harus terus meningkatkan kemampuan, sehingga kita bisa mengatasi setiap perubahan. Bila kita takut akan perubahan kita akan terpinggirkan. Tetapi kalau kita berani menghadapi perubahan kita akan diuntungkan. Oleh karena itu teruslah untuk belajar, meningkatkan kemampuan, sehingga kita bisa menghadapi setiap perubahan dan keluar sebagai pemenang.

Bila Anda mengikuti prinsip-prinsip di atas, Anda sudah berada pada jalur yang benar. Dengan mengaplikasikannya, semoga karir Anda melaju dengan pesat!

Salam Bahagia dan Sejahtera.

_____________


Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
Penulis buku "Untuk Apa Hidup Susah"
HP: 0813 - 64808061or0857 - 653 - 64838
Email: Soe_hartono@hotmail.com
Blog: www.soegiantohartono.blogspot.com

No comments:

Post a Comment