Tangkal Flu dengan Herbal dan Vitamin C ?

tanda awal pilek, apakah Anda segera mengonsumsi vitamin C atau minum secangkir teh herbal hangat, seperti ekinasea (Echinacea)? Keduanya disinyalir tidak bisa memerangi gejala flu.

Vitamin C dan herbal ekinasea tidak bisa menangkal flu biasa. Namun, para peneliti punya pendapat berbeda soal satu ini.

Dr Seth Feltheimer dari New York-Presbyterian Hospital/Columbia Medical Center menyatakan, belum ada kajian positif secara konsisten untuk Vitamin C atau ekinasea.

“Sepertinya aku ingin mengatakan bahwa vitamin C dan ekinasea bermanfaat, tapi tidak bisa,” katanya, seperti dikutip dari NYdailynews, Kamis (23/12/2010).

Ekinesea menawarkan kehangatan bagi tubuh yang dingin untuk mencegah bersin dan pilek. Bahkan menurut sebuah penelitian dari American College of Physicians, herbal ini disebut-sebut sebagai cara untuk mencegah flu hanya dengan “efek minimal”.

Sementara Joy Lindquist, koordinator kesehatan dari pusat kanker Long Island College Hospital, mengatakan bahwa vitamin C dan ekinasea efektif jika dikonsumsi pada tanda awal flu.

“Alasan keduanya tidak efektif pada beberapa orang memang special case. Jika Anda menganut pola makan yang buruk, tidak menjaga kesehatan diri, dan tidak cukup istirahat, jangan berharap keduanya bisa bekerja,” katanya.

Lindquist merekomendasikan tablet ekinasea 6-8 per hari, bersama dengan 1.000 miligram vitamin C. Dia tidak merekomendasikan dosis tinggi vitamin C.

“Tubuh Anda akan menyerap terlalu banyak. Dan jika Anda mengonsumsi terlalu banyak, ini akan sia-sia,” ujarnya.

Hasil penelitian berlawanan menyatakan bahwa tablet ekinasea tidak mengurangi keparahan gejala flu dan hanya memperpendek durasi batuk sekira 7-20 jam. Bahkan studi ini menyimpulkan, dalam kebanyakan kasus, ekinasea tidak bermanfaat.

Pencegahan flu

Spesialis THT Rumah Sakit Lenox Hill, Dr Jordan S. Josephson berpendapat bahwa mengonsumsi vitamin C bisa membantu mengurangi tingkat keparahan pilek, tetapi para peneliti masih menganalisis apakah vitamin C benar-benar efektif.

“Lebih banyak studi mendalam yang diperlukan,” katanya.

Sebagai bentuk pencegahan flu, Dr Jordan mengatakan, pola makan yang baik, istirahat cukup, dan mengonsumsi multivitamin.

“Pada musim ini, khususnya, penting untuk tubuh cukup istirahat. Juga, penting untuk tetap menjaga cairan tubuh, jadi minum lebih banyak air,” sarannya.

Salah satu suplemen lain yang patut dikonsumsi adalah zinc.

“Ada beberapa bukti bahwa tablet zinc dapat mempersingkat durasi flu. Tapi, tablet zinc rasanya tidak enak dan efek sampingnya dapat menyebabkan diare, mual, dan perut kembung,” katanya.

No comments:

Post a Comment