Tips Bagi Sang Bunda Mandikan Si Kecil

Memandikan si kecil mungkin salah satu hal menakutkan bagi seorang ibu muda, apalagi jika ini pengalaman pertama. Kulit sensitif si kecil mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat para ibu takut untuk memandikan buah hatinya.

Namun, sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan apabila sang ibu mau mengikuti beberapa tips di bawah ini. Alih-alih menakutkan, memandikan si kecil bisa menjadi hal yang menyenangkan.

1.Siapkan handuk, peralatan mandi, popok bersih, dan pakaian si kecil.

2.Taruhlah air dingin yang kemudian disusul dengan air hangat. Lalu celupkan siku Anda ke dalam bak untuk mengukur suhu air. Jangan menggunakan telapak tangan karena telapak tangan memiliki tingkat sensitivitas yang lebih rendah terhadap suhu.

3.Bukalah baju bayi Anda.

4.Perlahan masukkan kaki si kecil terlebih dahulu, lalu pastikan Anda memegang kepala dan lehernya secara benar menggunakan satu tangan.

5.Basuhlah perlahan tubuh si kecil dengan tangan Anda.

6.Ajaklah si kecil berkomunikasi. Si kecil akan mengerti bahasa Anda untuk meyakinkannya bahwa dirinya aman di tangan Anda.

7.Setelah selesai, langsung basuh tubuh si kecil dengan handuk dan pakaikan pakaian yang telah Anda siapkan sebelumnya. (BBC/ULF)

http://kesehatan.liputan6.com

No comments:

Post a Comment