Waspadai Penumonia, Salah Satu "Pembunuh" Teratas Balita Kita

JAKARTA--Indonesia belum bisa menyebutkan besaran angka terkini kasus pneumonia. Namun pada tahun 2001, Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) mengungkap pneumonia berada dalam urutan teratas penyebab kematian pada balita. "Kondisinya masih sama ketika dilakukan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007," ungkap Direktur Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, Dr HM Subuh MPM.

Dalam peta global, pneumonia masih menjadi masalah besar. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu pada balita di banyak negara dan termasuk penyakit yang sering terabaikan. "WHO mendudukkan negara dengan populasi 237,6 juta jiwa ini di urutan keenam pemilik kasus pneumonia terbanyak," tutur Subuh.

Pneumonia merupakan proses radang akut pada jaringan paru (alveoli). Kondisi itu terjadi menyusul infeksi kuman. "Pneumonia dapat menyebabkan kematian jika paru gagal menjalankan fungsinya untuk memasok oksigen bagi tubuh," kata Subuh.

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/kesehatan/11/01/07/157289-waspadai-penumonia-salah-satu-pembunuh-teratas-balita-kita

No comments:

Post a Comment