2 Rahasia Terbebas dari Rasa Khawatir

Apa yang membuat seseorang tidak bisa bahagia? Apakah yang menyebabkan seseorang selalu merasa gelisah dalam hidupnya? Di tengah derasnya berbagai problema hidup yang dialami seseorang, tidaklah mengherankan jika setiap orang di dunia ini sering merasa khawatir. Mereka merasa khawatir akan hidup mereka, khawatir akan apa yang selanjutnya akan terjadi, khawatir akan sesuatu yang buruk akan menimpa mereka dan banyak lagi kekhawatiran yang seolah-olah tidak kunjung habis.
Rasa khawatir inilah yang menjadi faktor yang menyebabkan seseorang menjadi stres, depresi, takut dan gelisah sepanjang waktu. Bahkan ujung-ujungnya ada yang menjadi kurang waras dan yang paling parah adalah mengakhiri hidupnya sendiri.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa tidak ada manusia yang terbebas dari rasa khawatir. Ini normal, karena manusia diciptakan dengan emosi yang berbeda-beda. Hari ini Anda mungkin merasakan emosi yang luar biasa positif, dan di lain hari emosi Anda turun drastis.

Perlu saya tekankan di sini adalah orang yang bahagia dalam hidupnya juga sering merasa khawatir, tetapi mereka tahu bagaimana caranya keluar dari rasa khawatir tersebut. Orang yang merasa tidak bahagia selalu memenuhi hidupnya dengan kekhawatiran yang sangat besar.

Ketika mereka sukses, mereka khawatir jika suatu hari nanti mereka kehilangan semua uangnya. Ketika bisnis bangkrut, mereka khawatir jika mereka tidak akan bisa bertahan hidup. Ketika tidak punya uang, mereka khawatir tidak akan bisa lagi menghidupi keluarga dan lainnya.
 

Kekhawatiran inilah yang membuat mereka tidak bisa tenang, sulit tidur, gelisah, dan akhirnya jatuh sakit. Rasa khawatir yang berlebihan bahkan bisa menurunkan kekebalan tubuh Anda yang akibatnya akan mudah terserang penyakit. Tidak heran jika orang yang bahagia bisa hidup dengan umur yang lebih panjang.

Sebenarnya jika Anda mengerti 2 rahasia yang akan saya berikan ini, maka Anda bisa terlepas dari rasa khawatir mulai saat ini juga. Kedua rahasia ini sangat sederhana tetapi bermakna sangat dalam, yang sering diabaikan dan diremehkan banyak orang.

Ada 2 hal yang terlalu dikhawatirkan seseorang. Yang pertama adalah mereka mengkhawatirkan MASA LALU, dan yang kedua adalah mereka mengkhawatirkan MASA DEPAN. Rasa khawatir hanya berkisar pada masa lalu dan masa depan.

Jadi, RAHASIA pertama untuk terbebas dari rasa khawatir adalah jangan terlarut dalam masa lalu. Banyak orang yang terlalu terikat pada masa yang sudah lewat. Mereka selalu mengeluh mengapa mereka tidak begini, tidak begitu, seharusnya begini dan begitu, mengapa harus terjadi seperti ini dan itu dan banyak lagi.

Masa lalu sudah berlalu, Anda tidak akan pernah bisa kembali dan mengubah apa yang telah terjadi. Rasa khawatir sama sekali tidak akan bisa mengubah keadaan, yang ada hanyalah membahayakan fisik dan mental Anda sendiri. Jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan, belajarlah dari pengalaman tersebut untuk membantu Anda menjadi lebih baik ke depan. Orang yang sedih terlalu memikirkan masa lalu. Masa lalu sudah berlalu, hadapilah kenyataan meskipun pahit dan belajarlah darinya.

RAHASIA kedua untuk terbebas dari rasa khawatir adalah jangan mencoba meramal masa depan. Masa depan tidak pasti, tidak ada seorang pun yang punya kekuatan untuk mengatakan apa yang akan terjadi di masa depan. Masa depan belum datang dan tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi bahkan 1 menit dari sekarang. Jadi, untuk apa menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk membayangkan apa yang belum terjadi?

Resep hidup bahagia terletak pada SEKARANG, bukan masa LALU dan masa DEPAN. Jika Anda hidup dalam ilusi masa lalu dan masa depan, maka Anda akan selalu diliputi kekhawatiran yang tidak akan pernah habis, kecuali jika Anda membayangkan yang positif.

Jangan pernah menyesali masa lalu karena itu sudah terjadi dan tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya. Juga jangan khawatir akan masa depan karena itu belum datang, tidak bisa diprediksi dan tidak bisa diramal dengan tepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah hidup dalam masa SEKARANG, karena hanya sekaranglah Anda memiliki kendali untuk mengubah hidup Anda. Masa depan Anda dibentuk oleh apa yang Anda lakukan SEKARANG.

Orang yang bahagia adalah orang yang menerima kenyataan pada masa lalu dan tidak takut akan masa depan. Mereka yang bahagia tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Satu catatan penting, bahwa apa yang sering dikhawatirkan seseorang sering kali tidak pernah terjadi. Pernahkan Anda khawatir akan sesuatu di masa depan, tetapi tidak pernah terjadi sama sekali? Jika ya, bukankan itu berarti Anda telah menghabiskan waktu Anda yang berharga untuk melakukan hal yang sia-sia belaka. Akan jauh lebih baik jika waktu yang Anda gunakan untuk merasa khawatir diganti dengan melakukan hal-hal yang terbaik.

Tugas Anda sekarang adalah bukan melihat yang masih samar di kejauhan (masa depan), tetapi melakukan apa yang ada di depan Anda saat ini (sekarang). Jangan pernah merusak indahnya hidup saat ini dengan mencoba kembali pada masa lalu atau mencoba membongkar masa depan yang masih belum pasti terjadi seperti yang Anda perkirakan. Satu-satunya hidup yang bisa Anda nikmati adalah SEKARANG. Live NOW!

________________________

E-mail: csd_suhardi@yahoo.com
HTML:

BBCode:

Link:

Review www.andriewongso.com on alexa.com

No comments:

Post a Comment