Cara Diet Semangat

Butuh disiplin tinggi, stamina, dan motivasi untuk bisa menjalani program diet yang sukses. Jika hasilnya tak terlihat dalam waktu yang Anda harapkan, amat mudah untuk merasa kecil hati. Jangan menyerah, dengan sedikit trik-trik khusus, Anda bisa menikmati program Anda sekaligus menurunkan berat tubuh. Berikut trik-trik yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan halangi makanan enak seluruhnya
Jika Anda memiliki kelemahan pada makanan manis, tak masalah untuk sesekali mencicipi makanan manis, dalam jumlah yang masuk akal. Lynn Grieger, ahli diet dan edukator diet mengatakan, boleh sesekali menyerah pada godaan makanan manis dan enak, menikmati 1-2 potong permen atau kue rendah lemak. Mengapa? Saat Anda menolak segala bentuk makanan manis, dan menjadikannya pantangan, justru bisa berakibat Anda makin ingin, bahkan saat Anda melonggarkan diri sekali, langsung makan dalam jumlah sungguh banyak. Ini berbahaya. Mengizinkan diri untuk makan makanan “guilty pleasure” itu adalah cara realistis untuk makan dan menikmati hidup, artinya, kemungkinan Anda untuk sukses menjalankan diet lebih besar.

2. Bumbu-bumbu
Buat diet Anda lebih menarik dengan tambahan bumbu pada masakan, seperti daun dill, parsli, atau bahkan paprika pada omelet putih telur Anda. Bumbu dan tumbuhan-tumbuhan seperti ini bisa menambah rasa makanan dan warna pada makanan sehat Anda, tanpa tambahan kalori berlebih.

3. Minuman hangat
Begitu banyak orang berdiet hanya berfokus pada makanan seperti salad, buah-buahan, dan sayuran, setelah beberapa saat, Anda hanya akan ingin makan makanan enak yang menenangkan. Redakan rasa lapar pada perut dan jiwa dengan segelas teh herbal atau cokelat rendah lemak panas. Minuman hangat bisa menekan rasa lapar.

4. Tampilan menarik
Kadang, bagian paling menyebalkan dari berdiet adalah makanan yang sama berulang-ulang. Supaya berbeda, cobalah untuk membuat setiap menu makanan lebih spesial, sajikan makanan Anda dalam sajian yang cantik. Misal, sajikan yoghurt rendah lemak Anda pada gelas tinggi cantik berhias buah-buahan. Atau gunakan mangkuk cantik Anda pada menu oatmeal.

5. Senyum saat makan
Riset menunjukkan bahwa tindakan tersenyum bisa membuat seseorang lebih bahagia. Maka, saat Anda menyuapkan wortel rebus itu, tersenyumlah, ingat bahwa Anda sedang mengisi diri dengan makanan sehat, dan bahwa Anda sedang membuat tubuh lebih sehat untuk umur panjang.

6. Karbohidrat
Apakah Anda tahu, diet rendah karbohidrat justru bisa memicu depresi? Mengkonsumsi karbohidrat melepaskan serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa lebih tenang dan sehat. Mengurangi karbohidrat besar-besaran memaksa otak untuk berhenti meregulasi serotonin. Makan makanan tinggi protein dan lemak membuat seseorang mudah merasa kesal dan malas-malasan. Saat merasa cepat lelah, coba konsumsi karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh, sayuran, dan buah untuk energi yang lebih lama.

7. Jalan kaki
Setelah makan, kurangi godaan untuk mengunyah makanan penutup yang manis dengan berjalan kaki. Berjalan kaki usai makan bisa bantu pencernaan, sekaligus bakar kalori. Jalan kaki sekitar 10-15 menit bisa memberi Anda perasaan lebih nyaman, tenang, dan segar. Perhatikan kecepatan Anda supaya tak kena kram otot.

8. Catat
Mencatat apa saja yang Anda makan adalah hal penting dari diet Anda. Perhitungan kalori bisa jadi hal yang baik, tetapi sekaligus membosankan. Isi jurnal makanan Anda dengan puisi, gambar, buah pikir, atau potongan foto penambah semangat. Bersentuhan dengan sisi kreatif Anda adalah bentuk terapis untuk menenangkan diri.

9. Yoga
Yoga menyangkut gerakan yang pelan, diselaraskan dengan fokus, napas dalam, dan menghubungkan diri dengan perasaan damai dalam diri. Yoga juga bisa bantu bangun kekuatan sekaligus melatih otot.

No comments:

Post a Comment