Tips Hemat Listrik PC

Bagi yang punya komputer dengan menggunakan sistem operasi windows,kamu bisa mengurangi konsumsi daya listrik dengan melakukan beberapa setting di komputer yang kamu dunakan.Dengan mengurangi jumlah listrik yang digunakan,diharapkan mampu memangkas biaya untuk membayar tagihan listrik serta turut berperan aktif dalam mengurangi pemanasanglobal.
Langkah Untuk Otomatisasi Dalam Mematikan Komputer Jika Tidak Digunakan :

1. Pilih settingan power pada layar utama atau desktop,klik kanan lalu pilih properties -> screen saver -> power.Cara lainnya yaitu dari menu control panel di windows eksplorer pilih power options.
2. Kalau kotak pilihan setting tenaga listrik sudah terbuka kita tinggal setting sesuai dengan situasi,kondisi,toleransi dan kebutuhan kita.

Turn off monitor:Kita bisa mematikan monitor secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 15 minutes berarti layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer.

Turn off hard disks: Kita bisa mematikan semua hard disk secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 1 hour berarti semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.

System standby : Kita bisa mematikan sementara sistem komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 2 hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah dua jam tidak ada aktivitas di komputer. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.

System hibernate : Kita bisa mematikan komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 4 hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah empat jam tidak ada aktivitas di komputer. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation.Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.

Untuk mengaktifkan kembali coba goyang atau klik pada mouse compter kamu.Jika tidak bisa coba tekan sembarang tombol di keyboard.Jika ternyata power mati coba tekan tombol power di cpu komputer kita.

Selamat mencoba dan semoga berhasil kawan…

No comments:

Post a Comment