Mencapai Prestasi Puncak - Bagian 2

Untuk mempertahankan rasa percaya diri dan agar semangat Anda tetap konstan, serta memiliki daya dorong yang memadai untuk memacu kinerja Anda:

1. Lakukan visualisasi
Buatlah diri Anda rileks dan nyaman, pejamkan mata dan atur napas sedemikian rupa sampai Anda merasa nyaman. Bayangkan kembali pengalaman-pengalaman sukses yang pernah Anda alami di masa lampau (misalkan Anda pernah menjadi juara kelas atau pernah mendapatkan piagam atas prestasi penjualan yang melampaui target dan lain sebagainya). Saya percaya setiap orang pasti pernah mengalami suatu pengalaman sukses, apapun bentuknya.

Ketika Anda membayangkan pengalaman ini, 'lihatlah' dengan jelas apa yang terjadi waktu itu, dengarkan apa yang dikatakan orang-orang di sekeliling Anda waktu itu dan rasakan suatu perasaan yang pernah Anda rasakan waktu itu. Nikmati pengalaman ini persis sama seperti dulu waktu Anda mengalaminya. Dengan melakukan hal ini perasaan senang dan gembira akan muncul kembali dan mendorong rasa percaya diri Anda menguat.

Teknik ini sangat efektif untuk memelihara rasa percaya diri dan membangkitkan semangat. Ingat: bila Anda melakukan sesuatu entah itu menjual atau mengerjakan pekerjaan di kantor, tanpa disertai dengan keyakinan dan semangat, maka hasil yang anda peroleh akan kurang memuaskan.

2. Pilih Lingkungan yang Tepat
Lingkungan yang baik akan mendorong semangat Anda, sebaliknya lingkungan yang buruk akan melemahkan semangat bahkan bisa menjatuhkan rasa percaya diri Anda.

Anda harus jeli memilih lingkungan bagi diri anda. Bila lingkungan Anda selama ini tidak mendukung tujuan dan sasaran, sudah sepantasnya Anda harus beralih ke lingkungan lain yang lebih mendukung.

Pilihlah komunitas-komunitas yang sesuai dengan tujuan Anda, misalkan Anda bergelut dalam bidang komputer, pilihlah komunitas IT.

3. Relaksasi
Luangkanlah waktu untuk relaksasi, rekreasi, meditasi/perenungan, danbersosialisasi. Tujuannya, untuk melepaskan kemelekatan pada pikiran dan emosi yang negatif, agar menjadi segar dan jernih.

Untuk berada pasa prestasi puncak, kita perlu keadaan emosi (emotional state) yang baik, sebab kondisi emosi inilah yang mendorong terjadinya suatu tindakan. Dan tindakan yang mengarah pada sasaran itulah yang mempunyai peluang untuk keberhasilan.

Kondisi emosi seseorang sangat dipengaruhi oleh pikiran dan tubuh. Bila pikiran dan tubuh dalam keadaan baik (positif dan sehat), tentu emosi orang itu akan baik pula.

Jadi kunci untuk mencapai prestasi puncak: kondisikan pikiran kita agar tetap positif, mengarah pada suatu sasaran tertentu, dan tetap jernih, sehingga kita dapat melihat ke depan dengan pandangan cerah. Selain itu kita juga perlu menjaga agar tubuh kita selalu dalam keadaan sehat, segar, dan bugar (hal itu bisa mencipatakan suasana hati yang baik).
 
 
Salam Bahagia dan Sejahtera!

Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
Penulis Buku Untuk Apa Hidup Susah
HP: 081364808061 atau 085765364838
E-mail: Soe_hartono@hotmail.com
Blog: www.soegiantohartono.blogspot.com

 

No comments:

Post a Comment