Apakah Motivasi Benar-benar Dibutuhkan?

Motivasi adalah sebuah alat yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Motivasi juga adalah alasan yang mendorong kita untuk bertindak. Setiap perbuatan yang kita lakukan pasti memiliki sebab atau alasan. Sebab atau alasan inilah yang disebut motivasi.
 
Action yang kita lakukan akan sangat bergantung pada tingkat motivasi yang kita miliki. Kita akan cenderung berusaha melakukan sesuatu jika motivasinya besar, dan begitu juga sebaliknya. Jika ada alasan yang sangat kuat, maka akan timbul motivasi yang sangat besar yang akhirnya membuat kita berani melakukan sesuatu, meskipun sesuatu itu mungkin tidak berani kita lakukan sebelumnya.
 
Motivasi yang besar membuat seorang yang pengecut menjadi pemberani. Motivasi mengubah seorang yang pesimis menjadi seorang yang optimis. Motivasi membuat seseorang berani mengambil resiko untuk berusaha mewujudkan impiannya. Motivasi membuat seseorang rela melakukan hal yang tidak berani dilakukan kebanyakan orang. Itulah kekuatan dari motivasi yang bagaikan bahan bakar yang membuat mobil mampu melaju kencang.
 
Tapi, ada segelintir orang yang mengatakan bahwa motivasi itu sama sekali tidak berguna. Mungkin Anda juga pernah berpikir seperti itu. Anda berpikir motivasi tidak bertahan lama, karena hari ini Anda sangat termotivasi dan esoknya bisa jadi Anda menjadi kurang bersemangat tanpa alasan yang jelas.
 
Anda pasti pernah mengalami hal seperti ini. Mungkin Anda mengikuti seminar atau mengalami suatu kejadian dan motivasi Anda begitu menyala-nyala. Tetapi beberapa hari kemudian, Anda berubah total. Anda menjadi loyo seperti bosan hidup. Motivasi Anda telah redup atau bahkan padam total.
 
Atas dasar itulah mungkin timbul pertanyaan apakah motivasi benar-benar diperlukan atau tidak. Dan bagi Anda yang mengatakan bahwa motivasi itu sia-sia, maka Anda SALAH. Mengapa?
 
Hal terpenting yang harus Anda sadari adalah tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Begitu juga emosi manusia yang tidak mungkin konstan selamanya. Emosi manusia diciptakan naik turun, kadang sedih dan kadang gembira, kadang bersemangat dan kadang tidak bersemangat. Jadi, jangan berharap bahwa Anda bisa terus bersemangat seumur hidup Anda. Ini hal yang mustahil. Orang yang sukses bukanlah orang yang selalu termotivasi 24 jam sehari seperti banteng mengamuk. Tapi, ketika mereka tidak bersemangat, mereka mampu membuat diri mereka menjadi kembali bersemangat untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan sampai akhirnya sukses.
 
Motivasi juga sebuah kebutuhan layaknya mandi, makan, minum dan lainnya. Apakah hanya dengan mandi sekali saja badan Anda langsung bersih selamanya sehingga tidak perlu mandi lagi? Apakah dengan sekali makan dan minum lantas Anda selamanya tidak akan lapar dan haus lagi? Tidak mungkin, bukan?
 
Begitu juga dengan motivasi. Tidak mungkin Anda mendapatkan motivasi dan berharap Anda tidak perlu lagi motivasi selama sisa hidup Anda. Anda makan saat lapar, Anda minum saat haus dan Anda mandi saat merasa badan Anda kotor. Anda membutuhkan motivasi saat Anda merasa kurang bersemangat. Pada saat Anda loyo, Anda butuh motivasi lagi dan seterusnya. Bisa dikatakan bahwa motivasi dibutuhkan setiap saat terutama ketika saat-saat di mana Anda begitu pesimis, merasa kalah, loyo, lelah fisik maupun mental.
 
Motivasi dibutuhkan oleh semua orang, bukan hanya untuk orang yang memang tidak bersemangat, tetapi juga ampuh untuk orang yang sudah bersemangat. Ketika orang yang tidak termotivasi dimotivasi, maka motivasi/semangatnya akan bangkit. Ketika orang yang sudah termotivasi dimotivasi lagi, maka motivasinya akan semakin besar.
 
Jadi, jangan katakan bahwa motivasi itu tidak berguna. Tanpa motivasi, Anda tidak akan punya alasan yang kuat untuk berhasil apalagi jika tantangan dan rintangan yang harus dihadapi sangat terjal dan berliku. Jika tidak ada motivasi, Anda pasti sudah cepat menyerah dan berhenti sebelum berhasil meraih impian.
 
Apakah motivasi penting? Anda sudah bisa menjawabnya sendiri.

Contact: csd_suhardi@yahoo.com
http://www.facebook.com/pages/Suhardi/139554762729289

No comments:

Post a Comment