Jangan Jadi Pengusaha, Sebelum Baca Artikel Ini

Saya seringkali sedih jika mendengar ada mantan karyawan yang gagal berkali-kali dalam berbisnis. Apalagi jika alasannya, karena terlalu terburu-buru memutuskan untuk resign, sudah jenuh, atau karena ingin sukses menjadi pengusaha.

Ketika saya bertanya, “Apa yang telah Anda bina, bangun dan kumpulkan  selama Anda menjadi karyawan?” Jawabannya bervariasi: teman, rekan kerja, atasan, pelanggan dan sebagainya. Ada juga yang memang sudah mengumpulkan modal untuk usaha, dan ada juga yang menjawab tidak tahu.

Pertanyaan yang muncul, mengapa banyak karyawan yang gagal ketika menjalankan bisnis sendiri? Apa yang gagal mereka kumpulkan?

Sebagai karyawan, saya anggap Anda kaya raya dan punya modal jika Anda mengumpulkan dua capital selama menjadi karyawan:

1.Capital knowledge – keahlian, ilmu pengetahuan, dan practical skill
2.Capital network - Who you know, dan WHO KNOWS YOU ... sangat penting!

Mana yang paling banyak dilupakan? 

Dua-duanya.... 

Kebanyakan karyawan terlalu sibuk dengan kegiatannya dan akhirnya hanya menguasai satu bidang atau hanya mengenal satu atau dua komunitas saja. Jika saya di accounting yah, paling kenalnya dengan accounting lagi, paling dengan supplier yang suka nagih. 

Jika saya adalah orang marketing, network saya customer saja, tidak mau bergaul dan akrab dengan kompetitor. Jika saya orang operation, bergaulnya dengan tim internal, atau operation di perusahaan lain.

Jika tidak ada yang mengenal Anda atau tidak ada yang Anda kenal, bagaimana Anda bisa survive di bisnis sendiri? 

Atau jika ilmu yang Anda kuasai hanya satu atau dua bidang, bagaimana Anda bisa mengatasi permasalahan di bisnis yang terdiri atas masalah keuangan, sales, marketing, accounting, system, business process, delivery, supply chain, distribusi dan sebagainya.

Tips saya hari ini: apapun cita-cita Anda, ingin menjadi pengusaha atau top level management di perusahaan Anda, miliki kemauan dan ketertarikan yang tulus untuk mengenal dan dikenal oleh lebih banyak orang di banyak kalangan.

What YOU KNOW, memberikan Anda pekerjaan.
Who you KNOW, membuka kesempatan.
Who KNOWS YOU, yang menjamin Anda mendapat pekerjaan dan kesempatan. 

Salam FUNtastic!
 
___________
 
Tom MC Ifle (contact number: 021 - 45870185)
Penulis buku Best Seller, Profit is King dan Big BRain Big Money
Host radio talkshow di acara Life & Business Transformation talkshow di D-FM 103.4 setiap Jumat pag, 6.30-7.30 am

No comments:

Post a Comment