Buatlah Kesalahan Besar

Tom Watson selalu mengatakan kepada staf dan karyawan IBM untuk melipatgandakan kesalahan jika ingin meningkatkan kesuksesan. Yang dia maksud bukan meminta karyawan melakukan kesalahan kecil, dia menginginkan kesalahan HEBAT!
Apa definisi kesalahan hebat?
Hasil yang tidak diharapkan yang berasal dari upaya yang sangat maksimal. Kelihatannya hasilnya negatif, namun jika diteliti sesungguhnya kesalahan hebat ini bisa menghasilkan kekayaan yang luar biasa.
Arthur Fry,ia adalah orang gagal, selalu gagal menciptakan lem yang daya rekatnya kuat. Seberapa keras usahanya, lem yang dihasilkannya selalu mudah lepas! Akhirnya ia memutuskan untuk membuat kertas dengan lemyang mudah lepastanpa merusak alasnya. Maka muncullah post it! Paten post it membuat Arthur Fry kaya raya.
Di Amerika, ada seorang pengusaha minuman yang gagal berkali kali dalam membuat minuman kesehatan. Namanya John Pemberton... akibat kegagalan berkali-kali dan hampir membuatnya frustrasi, maka akhirnya ia menciptakan minuman yang sekarang kita sebut Coca Cola.
Pada suatu hari Roy Plunkett mendapat kecelakaan hebat ketika ia salah melapisi radiatornya dengan chlorofluorocarbon....disanalahia menemukan ide membuat alat masak anti gores, yang kita sebut Teflon.
Berjuanglah sekeras-kerasnya dan berbuat kesalahan sedini mungkin saat kesalahan tersebut masih murah . Kebodohan yang sesungguhnya adalah ketika sesuatu yang dibangun dengan susah payah dihancurkan oleh kesalahan kecil.
Orang yang menangkap kucing dengan memegang buntutnya, saya jamin mendapat pelajaran berharga lebih banyak dibanding orang yang tidak pernah mencoba menangkap kucing...
____________________

Tom MC Ifle
Penulis buku best seller
Master COACH
Co-founder & COO iCOACH The Real COACH

No comments:

Post a Comment