Mencoba Hal Baru

“What would life be if wehad no courage to attempt anything? – Apa yang terjadi jika kita tak punyakeberanian meraih apapun?” [Vincent van Gogh]


Banyak di antara kita merasa senang terus berada di zona nyaman dan tidak berani melakukan sesuatu. Padahal sikap seperti itu justru mengungkung kita dalam lingkaran keterbatasan dan membunuh kesempatan untuk berkembang lebih besar lagi. Namun dengan mencoba melakukan hal yang baru setiap saat akan membantu kita menggunakan waktu secara berbeda dan mendapatkan banyak sekali keuntungan, di antaranya saya uraikan di bawah ini.
Pertama, sering mencoba hal baru akan membantu kita memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat langsung dimanfaatkan. Jika ilmu pengetahuan kita terus berkembang, tentu kita akan lebih kreatif. Bila kita semakin kreatif, berarti kita juga memiliki peluang lebih besar untuk lebih sukses, kaya dan bahagia.

Kedua, pengalaman dari hal baru akan memberi kita sensasi baru yang menggairahkan hidup, sehingga kita akan lebih termotivasi untuk mencoba hal baru lainnya yang lebih menantang dan menyenangkan. Contohnya beberapa waktu lalu saya mendapatkan pengalaman luar biasa setelah mengikuti Driving Experience di Sentul-Bogor yang dipandu seorang tehnisi ahli dari Jerman. Walaupun semula ragu-ragu, sayapun akhirnya mengiyakan ajakan teman dan mengikuti seluruh prosedur pendaftaran.

Kemudian kami dilatih melakukan kontrol roda kemudi dan posisi berkendara yang tepat. Selain itu, kami juga dilatih melakukan beberapa manuver diantaranya slalom, pengereman darurat, double lane change, curves, emergency manuver dan off road. Kami juga menguji kehandalan fungsi ESP (Electronic Stabilty Program) mobil dalam menghindari slip dan tergelincir. Kami semakin mengerti ketangguhan mobil yang kami kendarai karena merasakan sendiri kedinamisan suspensi kenderaan itu dalam sesi Wahana Ram atau track bukit dengan ketinggian 4 meter, Wahana Jungkit Jangkit yang memiliki kemiringan mencapai 360 derajat, dan sebuah Wahana Piramida berbentuk anak tangga.

Manfaat lain dari pengalaman baru adalah menjadikan seseorang lebih berani memperjuangkan impian. Hal itu saya rasakan sendiri, terlebih setelah mengikuti Driving Experience. Bahkan salah seorang teman bertekat untuk membeli mobil sejenis tahun 2010 ini.

Mengapa begitu? Karena pengalaman setelah mencoba sesuatu yang baru dapat meningkatkan energi, disebabkan oleh rasa senang, takjub, takut dan lain sebagainya selama proses melakukan hal baru tersebut. Satu hal pastinya, itu (mencoba hal baru) akan menambah sebuah dimensi baru dalam kehidupan kita.

Semakin besar usaha mencoba hal baru, akan memperbesar rasa percaya diri. Kepercayaan diri sangat penting bagi kita untuk berkembang secara personal maupun profesional. Secara tak langsung, mencoba hal-hal baru bermanfaat bagi kita semua untuk selalu berkembang dan terdepan dalam setiap persaingan.
 

Mencoba hal baru mungkin terasa sulit pada awalnya. Namun beberapa tips berikut ini akan membantu kita mencoba hal baru yang berdampak positif seperti yang saya uraikan di atas:

Pertama, fokus untuk mencoba sesuatu yang mudah dan realistis dulu. Sangat normal jika kita takut sehingga ragu untuk memulai sesuatu yang baru. Tetapi ketakutan hanya akan membuat kita terpaksa menerima apa yang tidak Anda harapkan. Oleh sebab itu, abaikan pikiran ketakutan itu dengan cara mengidentifikasi sebabnya. Manusia akan cenderung berubah berani setelah mengidentifikasi alasan-alasan ketakutan tersebut.

Setelah itu, visualisasikan apa yang kita inginkan, hingga terasa begitu nyata warna, keharuman dan bunyinya. Selaraskan setiap tindakan sehari-hari dengan visi yang ada di dalam pikiran kita. Dengan begitu, semakin hari kita mendekat ke tujuan.

Lakukan juga afirmasi untuk meningkatkan rasa percaya diri mencoba hal baru, walaupun mungkin bagi sebagian orang afirmasi dianggap tindakan tak waras. Cobalah menulis tentang kemampuan Anda, dan ulangi setiap hari di depan cermin. Afirmasi yang benar-benar mengekspresikan komitmen, keyakinan dan keinginan Anda, akan membuat Anda memiliki keberanian dan berhasil mencoba hal baru.

Berdasarkan pengalaman, melakukan hal-hal baru secara spontan seringkali tidak berhasil sebab kurang persiapan yang matang. Karena itu, sebelum melakukan hal-hal baru, persiapkan diri dengan baik & fokus pada langkah-langkah, misalnya mengumpulkan info dari orang yang sudah berpengalaman, antusias bertanya kepada para ahli, mandiri dan tidak malas melakukan usaha. Dengan begitu langkah-langkah kita mencoba hal-hal baru lebih terarah dan mudah.

Sementara itu, siapkan mental, sebab pada tahap awal mencoba hal baru segala sesuatu tidak selalu berjalan mulus. Sebaiknya Anda tetap optimis kalaupun harus mengalami kemunduran. Masalah akan selalu ada, begitu juga dengan solusinya. Jika Anda tetap bersabar dan tidak berputus asa mencoba, suatu saat Anda pasti berhasil.

Mencoba hal-hal baru yang positif itu sangat penting dan memberi aneka manfaat sebagaimana telah saya sebutkan di atas. Aktivitas mencoba hal-hal baru akan membuat kehidupan kita lebih memuaskan. Jadi jangan pernah takut mencoba hal baru, karena kalaupun kita gagal sekalipun akan memberi kita sebuah pengalaman berharga.
________________
 

*Andrew Ho adalah seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku best
seller.Kunjungi websitenya di : www.andrewho-uol.com

No comments:

Post a Comment