Its Not The Magic

Berapa minggu lalu saya membuka artikel-artikel yang saya download dan baca di saat senggang. Kala itu, mata saya tertuju pada artikel berjudul Creating Magic. Artikel itu ditulis oleh Lee Cockerell, Executive VP Operations, Walt Disney World. Ada kata-kata darinya yang sangat menginspirasi saya, yaitu:

"It's not the magic that makes it work; It's the way we work that makes the magic."
"Bukan daya magis yang membuat kita berhasil; Cara kita mencapai keberhasilan itu yang menciptakan daya Magis.."
Mengapa saya terinspirasi, karena ini mengingatkan saya pada sebuah acara yang diberi nama Banking With Celebrity. Acara tersebut diadakan oleh BPR Gunung Rizki di Semarang pada tanggal 22 November 2009. Acara ini-menurut sepengetahuan saya-adalah yang pertama dan satu-satunya di mana ada seorang selebriti kondang bernama Ari Lasso melayani nasabah BPR Gunung Rizki dengan penuh sukacita.
It's not the magic, but the way-nya yang menciptakan magic.
Apa yang istimewa?
Ketika saya melihat acara yang begitu meriah, extravaganza, dan sangat rapi diselenggarakan, jadi tergelitik untuk mencari tahu, siapa yang mengatur jalannya acara. Nah, ini istimewanya, semua ternyata dilakukan oleh karyawan, tidak ada orang luar kecuali artis dan pengiring musik.
Wah, kok bisa?
Ternyata ada 10 prinsip yang secara tidak sadar di terapkan oleh karyawan Gunung Rizki ini:
1.    Semua orang adalah orang penting. Libatkan semua orang.Leader BPR ini menerapkan yang saya sebut RAVE = Respect, Appreciate, Value Everyone. Ia sangat menghargai tim hingga tim sangat respek terhadap customer.
2.    Menciptakan struktur organisasi berdasarkan Blue Print sukses, bukan sekadar tradisi. Menarik sekali ketika saya melihat pertumbuhan aset yang sangat menakjubkan, mulai dari 20 miliar hingga saat ini lebih dari 150 miliar dalam waktu dua tahun. Bukan rahasia, BPR Gunung Rizki memang yang cukup dicintai pelanggan di Semarang dan disegani oleh kompetitor.
3.    Create Magic Through Training - Train for Excellence in the Job, Train How to Exceed Customer Expectations in all Jobs.. ini kata-kata asli Lee Cockerell ketika seorang pengusaha muda bertanya bagaimana membangun tim yang super seperti di Disney corporation.
4.    Hilangkan Kekacauan. Perhatikan hal-hal kecil yang membahayakan bisnis kita. Tidak ada hal kecil yang boleh dilupakan, terutama jika hal kecil ini bisa berdampak besar dalam jangka waktu lama. Bagaimana kita bisa melihat hal kecil apa yang berbahaya dalam jangka panjang jika ada hal kecil mengganggu team work, kualitas, peace of mind, dan pelayanan.
5.    Make Your People Your Brand. Nah, ini dia. Ternyata karyawan Gunung Rizki terkenal dengan motivasi dan dedikasi yang tinggi. Khususnya di antara bank dan BPR di Jawa tengah. Leadership ini mencerminkan betapa brand bukan hanya diciptakan dengan cara marketing tapi juga dengan cara menampilkan wajah tim yang ceria dan ekspresif secara tulus.
6.    Belajar untuk jujur. Kok, creating magic pake jujur segala? Begini, jika Anda tidak jujur, Anda tidak belajar. Maka agar Anda terus menerus bisa belajar bersiaplah untuk selalu jujur.
7.    Bakar Semangat. Bensin yang murah untuk membuat tim Anda meledak sudah tersedia. Leader Gunung Rizki memahami agar semangat tim menyala-nyala, ia menyalakan api apresiasi, penghargaan, dan dukungan yang akan membangkitkan gairah bekerja.
8.    Menjadi yang terdepan dalam memberi nilai tambah. Memberi nilai tambah bukan hanya berupa diskon atau bunga tinggi. Berada di garda depan dengan mengutamakan pelayanan, budaya kerja, teknologi, dan selalu mencari cara terbaik untuk melayani pelanggan.
9.    Menjaga ucapan dan perbuatan. Kata-kata sangat tajam, saya terinspirasi setiap kali mendengar pimpinan Gunung Rizki ini bicara. Ia memberi motivasi dengan menjaga dua prinsip: selalu berkata positif dan menjaga perilaku positif.
10. Membangun Karakter. Cocok dengan visi mereka : Bank Berkarakter yang Menyejahterakan Masyarakat Indonesia. Yes, karakter inilah yang bisa membangun bangsa, baru kita bisa sejahtera.
Netter yang luar biasa, 10 prinsip ini membawa hasil luar biasa. Jika Anda tidak percaya ... silakan Anda mencobanya!
 
Coach Tom MC Ifle
Penulis buku best-seller 'Profit is a King'; Founder & COO iCOACH The Real COACH; Life, Business, & Executive Coach

____________
Tulisan ini, dan juga tulisan-tulisan menarik & inspiratif lainnya, bisa dibaca secara penuh di majalah motivasi LuarBiasa edisi April 2010. Dapatkan majalahnya di AW Success Shops, Jakarta dan toko-toko buku besar lainnya. Info: (021) 6339523 dan (021) 30303017.

No comments:

Post a Comment