Spirit of Indonesia

Dua hari lagi kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-66. Masing-masing dari kita tentu punya catatan, seperti apa prestasi bangsa ini. Banyak prestasi yang memang pantas dibanggakan, tetapi tak sedikit prestasi negatif yang memprihatinkan yang justru memiriskan kita belakangan ini.

Hampir di setiap sendi kehidupan berbangsa kita merasakan keprihatinan yang mendalam. Kondisi politik yang makin rumit, penegakan hukum yang tidak kukuh dan malah terkesan karut-marut, hingga prestasi olahraga yang makin terpuruk.
 

Netter yang Luar Biasa!

Tema mengenai HUT RI itulah yang saya bawakan pada talkshow AW Success Wisdom & Motivation pagi tadi di jaringan Radio Sonora. Ada banyak catatan yang saya kemukakan, salah satunya bidang olahraga yang terus menurun prestasinya sejak akhir era Orde Baru.

Pada SEA Games 1997 ketika kita menjadi tuan rumah, Indonesia bisa menjadi juara umum. Setelah itu prestasi kita terus turun. Tahun 1999, posisi Indonesia berada di urutan ke-3. Dua tahun berikutnya bertahan di posisi ke-3. Tahun 2003, masih juga berada di posisi 3. Tahun 2005 yang seharusnya bisa memperbaiki posisi, urutan kita justru anjlok ke posisi 5 di bawah Filipina, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Tahun 2007 kita naik lagi ke 3 besar. Dan tahun 2009, kita tak bisa naik lebih tinggi lagi dari posisi ke-3.

Sebenarnya, dengan jumlah penduduk yang hampir 250 juta dan terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara, Indonesia sangat layak menguasai cabang olahraga di kawasan ini. Juara umum menjadi target yang biasa. Namun kenyataannya begitu sulit dicapai. Bahkan cabang bulu tangkis di mana kita selalu merajai kejuaraan dunia, belakangan ini kehilangan kekuatannya. Jika dulu, siapa pun atlet kita yang turun ke lapangan, gelar juara bisa mudah diraih. Sekarang begitu sulitnya kita meraih prestasi cabang olahraga kebanggaan ini baik di skala regional maupun internasional.

Apakah kita bisa kembali juara umum di SEA Games 2011 yang diselenggarakan di Indonesia, pada November 2011? Kita tunggu saja seperti apa hasilnya. Karena meskipun agenda olahraga besar itu diganggu kasus korupsi yang diberitakan berkepanjangan hingga hari ini, harapan untuk meraih prestasi terbaik tak akan pernah sirna.

Tentu kita tidak mau, gangguan kasus-kasus itu akan merembet pada prestasi olahraga kita. Jangan sampai saat berlaga di negeri sendiri, kita malah gagal meraih juara umum.

Mari kita sama-sama dorong Spirit of Indonesia, semangat ke-Indonesiaan kita. Dengan semangat ini kita akan memiliki kekuatan, kemauan, disiplin, cita-cita tinggi, keras terhadap godaan, dan tegar mengejar impian. Salam sukses luar biasa!!


http://www.andriewongso.com/artikel/25/Catatan_Andrie_Wongso/

No comments:

Post a Comment