Selamat Berpuasa Ramadan 1431 H


Saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan 1431 H bagi yang akan menjalankannya mulai besok. Puasa Ramadan dilakukan selama sebulan penuh, yang dalam perhitungan tahun Masehi dimulai 11 Agustus 2010. Setiap harinya di Indonesia puasa berlangsung sekitar 13,5 jam yang dimulai sejak fajar hingga matahari terbenam (magrib).
Tentunya puasa tak sekadar berjuang untuk tidak makan dan minum selama seharian, tetapi puasa juga merupakan perjuangan spiritual yang bermakna luhur. Di dalamnya ditandai dengan peningkatan jumlah ibadah dan kekhusyukan yang intens. Apalagi ini adalah puasa wajib sehingga nilai spiritualnya jadi luar biasa.
Meski begitu secara fisik ada dukungan ilmiah yang mengemukakan bahwa manfaat puasa juga tinggi dilihat dari ilmu kedokteran/fisik.
Misalnya, dari hasil penelitian ditemukan bahwa puasa merupakan proses pembersihan organ tubuh dan juga penghilangan zat-zat racun dari dalam tubuh. Dengan puasa organ-organ tubuh jadi punya waktu untuk beristirahat. Dalam keadaan istirahat tubuh akan mengganti sel-sel yang telah rusak. Tubuh juga jadi punya kesempatan untuk memperbaiki fungsi hormon sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.
Penemuan atau hasil penelitian lain menyebutkan, beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan cara berpuasa. Dan sebagainya.
Namun sekali lagi, puasa wajib Ramadan bukan sekadar ujian fisik atau duniawi saja, tapi punya nilai-nilai spiritual/rohani yang tinggi.Selamat berjuang teman-teman, dan semoga menjadi pemenang!

http://www.andriewongso.com/artikel/catatan_andrie_wongso/

No comments:

Post a Comment