Pentingnya Check dan Re-Check

Pada hari Sabtu, 21 Mei 2011, saya seminar "8 Dragon Spirit Bruce Lee" di Medan. Malamnya, saya dijamu seorang kawan yang sekaligus menawarkan diri untuk mengantar saya ke airport esok harinya. Menurut staf di Jakarta, pesawat akan berangkat pukul 09.00 pagi dari Medan dan sang kawan menawarkan menjemput pukul 08.00.
Besoknya, sehabis breakfast di JW Marriott Hotel tempat saya menginap, kawan saya itu menjemput. Sekitar pukul 08.10, kami pun berangkat ke airport dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Setelah sampai di sana, di depan counter, saya mengambil print-out e-ticket. Wah, saya beru ngeh, kalau ternyata pesawat Garuda Indonesia yang akan saya tumpangi berangkat pukul 08.40!

Petugas di counter seperti tahu akan hal itu.

Sambil tersenyum dia menyapa, "Bapak penumpang pesawat yang berangkat pukul 08.40 ya? Maaf, pintu keberangkatan sudah ditutup, pesawat sebentar lagi akan terbang. Next flight jam 12."

Saya tertegun sejenak. Hari itu saya ada agenda penting, book review & book signing buku terbaru "Bruce Lee 40 Spirit of Success" di Gramedia Mal Citraland, Jakarta, pukul 14.00. Kalau begini, acara terancam molor.

Untungnya, petugas tersebut sigap memberikan solusi.

"Kalau buru-buru, terpaksa harus pindah ke penerbangan Citilink yang berangkat jam 10.00 nanti. Tapi mohon maaf Pak, tidak ada business class, semua economy class. Dan Bapak harus beli tiket baru."

Saya mengambil keputusan cepat untuk pulang menggunakan Citilink dan tiba di Jakarta sekitar pukul 12.00 lebih. Dari bandara, saya langsung ke Citraland untuk acara bedah buku.

Sahabat yang Luar Biasa!

Atas kejadian tersebut, saya tidak menyalahkan siapa pun. Malah sebaliknya, bersyukur karena pada hari itu mendapat suatu pelajaran yang sangat efektif dan bernilai.

Betapa pentingnya kata-kata manajemen yang telah populer selama ini yaitu "check and re-check"! Kalau sekiranya kemarin malam atau pagi itu saya bersikap teliti dan melihat dulu print-out e-ticket itu, tidak akan terjadi penundaan penerbangan.

Yang pasti, kejadian seperti ini tidak pernah akan terjadi lagi, untuk yang kedua kalinya. Dan sungguh saya terhibur, karena sesampainya di Gramedia Citraland, sudah banyak rekan dan sahabat yang berkumpul. Bedah buku Bruce Lee pun berlangsung sukses luar biasa!

___________________

Selama lebih dari 20 tahun ini, saya mempunyai kebiasaan menulis "catatan-catatan kecil" tentang apa-apa yang saya jalani sehari-hari - baik berupa renungan, ide2, maupun peristiwa yang menyenangkan atau tidak menyenangkan, yang terjadi pada diri saya/orang lain.

Bagi saya, menulis "catatan kecil" ternyata mampu memperkaya wisdom & wawasan, serta sangat bermanfaat dalam menunjang proses perjuangan saya dalam pencapaian kehidupan sukses. Saat ini, dengan adanya wadah facebook, twitter, & website (AndrieWongso.com) yang tersedia, saya ingin sharing/membagikan "catatan kecil" kepada teman-teman semua. Saya yakin, hal ini akan bermanfaat dan bisa dipakai sebagai pendorong teman-teman semua dalam membangun kekayaan mental, demi terciptanya kehidupan sukses yang lebih bernilai. Salam Sukses Luar Biasa!!