Kebiasaan Berkomunikasi Dua Arah

 Kita hidup sebagai makhluk sosial. Karena itu, kita tak bisa terlepas dari berhubungan dengan orang lain dalam keseharian. Saling menyapa, saling bertegur salam, dan saling bergantung satu dengan yang lain.

Agar selalu harmonis, komunikasi dua arah yang berimbang harus selalu kita kedepankan. Menjawab ucapan salam dengan segera, menjawab pertanyaan dengan jawaban yang diharapkan, menginformasikan hal penting dengan tanpa menunda. Semua itu harus kita lakukan dengan segera sehingga komunikasi yang terjalin pun dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan tepat sampai pada sasaran tanpa mengalami jeda.

Sebab, jika kita terbiasa menunda jawaban, bisa jadi ada hal yang terbelokkan. Jika kita tak segera menjawab salam, bisa jadi ada orang yang merasa diacuhkan. Jika kita tak segera menyampaikan informasi penting, bisa jadi hal baik bisa terlewatkan.

Untuk itu, mari, sempatkan waktu sejenak, barang sedetik atau semenit, untuk memastikan agar komunikasi berjalan dua arah dengan berimbang. Menjawab pesan singkat dengan segera, membalas salam dengan sapaan hangat yang mempererat hubungan keluarga. Sehingga, tegur sapa yang kita sampaikan, bisa membawa kebaikan dan kebahagiaan bersama. Salam sukses, Luar Biasa!!

http://www.andriewongso.com/artikel/26/AW_Artikel/

No comments:

Post a Comment