Internet Membantu Kita

 Hari-hari ini kita dikejutkan dengan berbagai bencana sehubungan dengan musim hujan yang masih berlangsung. Setelah banjir, bencana lainnya adalah tanah longsor. Kejadian terakhir adalah tanah longsor di Pasir Jambu, Ciwidey, Jawa Barat, yang terjadi pada Selasa pagi, 23 Februari lalu.
Sebagian besar dari kita mungkin sedikit kesulitan mengenali daerah itu. Tetapi dengan bantuan Internet, kita akan segera tahu di mana letaknya. Setelah mencari data lain, seperti letak desa tempat bencana, melalui website Wikimapia.org kita akan menemukan kira-kira di mana daerah bencana itu. Wikimapia.org adalah website yang menyediakan foto satelit hampir seluruh tempat di dunia dengan skala sampai 1: 50 bahkan untuk daerah tertentu bisa sampai 1:20!
Dari foto satelit itu, kita akan tahu bagaimana terpencilnya daerah bencana dan kemungkinan sulitnya mencapai daerah itu. Kita memang menyesalkan kenapa informasi dan bantuan lambat terjadi. Tetapi sedikit banyak, kita bisa memahaminya dari tampilan di foto satelit itu. Tentu kita berharap, di masa depan, keterlambatan semacam ini tak akan terjadi lagi karena ini menyangkut nyawa manusia. Terlambat penanganan, korban meninggal akan makin banyak. Pemerintah sebaiknya membenahi sistem penanganan bencana yang selama ini sering kedodoran.
Dari Internet, kita juga bisa tahu banyak tentang bencana itu. Ada beberapa foto yang memilukan, berita-berita up-date, gambaran penderitaan, dan lain sebagainya. Kita semua bisa ikut berempati berkat bantuan informasi tersebut.
Sobat yang luar biasa!
Internet sekarang sudah seperti "teman baik" kita. Ia bukan sekadar pemberi informasi, ia juga "guru" kita dan gudang ilmu yang tak terhingga. Ia pun bisa disebut sebagai penghubung yang mempertemukan kita kembali dengan teman lama yang sudah puluhan tahun tak bertemu; contohnya melalui bantuan website jejaring sosial seperti Facebook. Atau menjalin pertemanan baru. Teman-teman tentu sudah merasakan ini. Saya sendiri, saat ini punya ribuan teman/penggemar yang tergabung dalam komunitas Facebook.
Mari, teman-teman, kita gunakan Internet untuk belajar. Manfaatkan informasi di dalamnya untuk pengembangan diri, serta menjalin hubungan baik/positif yang luas -- hingga ke kawan-kawan mancanegara. Sukses akan makin dekat bagi mereka yang mau belajar. Salam sukses, luar biasa!!

http://www.andriewongso.com/artikel/catatan_andrie_wongso

No comments:

Post a Comment