Berbuat Baik Setiap Hari

 Hasil penelitian fakultas psikologi The University of Michigan, AS, beberapa waktu lalu, sungguh mengingatkan kita akan pentingnya berbuat baik. Selama ini kita melakukannya dengan alasan spiritual agar kita mendapat pahala dari Tuhan. Tetapi hasil penelitian itu menunjukkan bahwa berbuat baik ternyata memperpanjang umur!

Seseorang yang melakukan perbuatan baik, hatinya akan tenang. Orang yang hatinya tenang, hormon baik dalam tubuhnya akan berkembang. Terbentuklah tubuh yang sehat. Seperti itulah hubungan sederhananya. Berangkat dari kepuasan batin, kesehatan jasmani seseorang bisa dibentuk. Ini karunia yang tiada tara nilainya dan sepantasnya kita jalankan sebaik-baiknya.

Berbuat baik itu bisa dilakukan dengan cara apa saja. Tersenyum,memberi jalan bagi orang yang terburu-buru, atau mengucapkan terima kasih adalah cara berbuat baik yang sederhana. Pasti bisa dilakukan oleh siapa saja. Apa sulitnya menyapa, menyalami dan menerima orang dengan senyum ramah? Apa sulitnya memperlakukan semua orang dengan kasih, kemurahan, dan rasa hormat?

Sahabat yang Luar Biasa!

Pagi tadi saya membawakan tema "Berbuat Baik Setiap Hari" pada talkshow rutin saya di jaringan Radio Sonora. Kita sudah jenuh dengan berita-berita mengerikan di berbagai media massa. Tawuran di mana-mana. Persekongkolan yang merugikan rakyat banyak. Sampai-sampai kita merasa ngeri membuka koran pagi atau menyaksikan berita televisi karena isinya hampir seluruhnya pemberitaan perbuatan tercela.

Berbuat baik itu tidak ada ruginya! Berbuat baik itu membuat hidup kita menjadi lebih indah! Karena itu, mari membiasakan diri berbuat baik. Mulailah dari diri kita sendiri, saat ini.


Salam sukses luar biasa!

http://www.andriewongso.com/artikel/25/Catatan_Andrie_Wongso/

No comments:

Post a Comment