Leadership, Bisnis, dan Politik

Siang itu, puluhan ribu massa memenuhi Tahrir Square di Kairo, Mesir. Mereka memegang poster wajah pemimpin yang dicoret silang berwarna merah. Saluran televisi, media cetak menjadikan berita ini topik paling hot selama satu minggu. Pemimpin Mesir, Husni Mubarak (saat itu) terancam lengser dari kursi kepresidenannya yang telah ia pegang selama tiga dekade. Sejumlah skenario politik telah diantisipasi oleh kelompok demonstran (yang juga anti-pemerintah) dinego bersama Perdana Menteri Ahmad Shafiq, agar Mubarak mau mundur dengan terhormat.


Apa sih maunya politik?

Tiga kata penting di dunia politik:
1. Memperoleh!
2. Mengelola!
3. Mempertahankan!
 
Well, saya adalah orang yang jarang sekali membaca berita politik. Namun, kali ini saya tertarik untuk menghubungkan bisnis, politik, dan leadership.Kelihatannya, banyak orang yang tidak merasakan hubungan yang erat di antara tiga topik ini. Tanpa disadari bisnis juga memiliki kecenderungan yang sama dengan kondisi politik sebuah negara. Misalnya, pemimpin bisnis disebut Presiden Direktur, seperti Presiden di sebuah negara.

Yes, bisnis adalah negara kecil yang harus memperoleh, mengelola, dan mempertahankan sesuatu.

Politik dan Bisnis dalam Esensinya
 
Politik
Politik Ekonomi
Bisnis
Memperoleh Kekuasaan
Memperoleh Sumberdaya
Memperoleh Pelanggan
Mengelola Kekuasaan
Mengelola Sumberdaya
Mengelola Pelanggan
Mempertahankan Kekuasaan
Mempertahankan Sumberdaya
Mempertahankan Pelangga


Coba lihat, apa yang terjadi jika kita gagal menjaga salah satu tujuan, misalnya, bisa memperoleh tapi tidak bisa mengelola; maka dengan sendirinya bisnis atau politik akan gagal.


Di dalam konsep politik dan bisnis, ada faktor besar yang sangat berperan, yaitu Leadership! Fungsi leadership baik di bisnis maupun politik adalah:


1. Memperoleh dukungan

2. Mengelola dukungan

3. Mempertahankan dukungan


Dalam kasus Presiden Husni Mubarak, ia gagal mengelola dukungan dan akhirnya harus merelakan melepaskan dukungan secara brutal.


Sementara, ini adalah efek yang terjadi jika seorang pebisnis gagal memperoleh, mengelola, dan mempertahankan menurut kasus yang saya temui:

· Sulit mendapat karyawan yang bagus

· Jumlah customer terus menyusut

· Customer pindah ke kompetitor

· Anggota tim "keluar/masuk"

· Profit turun terus menerus

 
Ada obat mujarab yang bisa menyembuhkan masalah ini, jawabannya: LEADERSHIP! Leadership Anda menentukan profit bisnis Anda, menentukan juga kedaulatan serta loyalitas karyawan Anda. Bagaimana menurut Anda?


Tom MC Ifle
Indonesia's #1 Success Coach
Best selling book author
Phone : +62 21 4587 0185, +62 21 4587 0329
Fax : +62 21 4587 0327, +62 21 4587 0330
Email : icoachilluminasi@gmail.com or info@icoachrealcoach.com
Website: http://moneyandbusinesscoach.com/

No comments:

Post a Comment